Home / Web / CSS / Kursus Web | Web Development Masterclass – Complete Course
Biaya Kursus Komputer Jogja Multimedia

Kursus Web | Web Development Masterclass – Complete Course

Pelajari cara menyiapkan server cloud virtual dan mengembangkan situs web berbasis database menggunakan teknologi web terbaru.

Apa yang akan Anda pelajari

  • Pahami inti dari Jaringan Area Lokal dan Luas
  • Siapkan jaringan dasar.
  • Daftarkan nama domain dengan Privasi Domain
  • Meneruskan domain, memperbarui, dan mengelola domain
  • Konfigurasi Nameserver dan DNS Zone Files
  • Buat dan Konfigurasi server Pengujian pada Sistem Windows atau MAC Lokal.
  • Konfigurasikan server web Produksi pada platform cloud hosting populer.
  • Buat cadangan disk dan instal image disk di server virtual
  • Siapkan Ubuntu di Mesin Virtual
  • Instal dan konfigurasikan WAMP untuk Windows
  • Instal dan konfigurasikan MAMP untuk MAC
  • Mengelola server jauh menggunakan PuTTY atau Terminal
  • Navigasi dengan ahli di Dasbor Server Virtual Linode
  • Konfigurasikan Pengaturan Keamanan di Server Ubuntu Virtual
  • Skala server virtual naik dan turun tergantung pada kebutuhan
  • Instal LAMP Stack (Linux, Apache, MySQL, PHP, PhpMyAdmin) di server lokal dan jarak jauh
  • Atur pengguna dan akses hak istimewa di server Ubuntu
  • Unggah file menggunakan FileZilla FTP Client
  • Mahir memprogram dalam HTML, CSS, JavaScript, jQuery, Bootstrap, PHP, dan AJAX
  • Buat aplikasi web responsif seluler menggunakan Bootstrap
  • Buat objek animasi unik menggunakan jQuery
  • Buat dan kelola database MySQL menggunakan PhpMyAdmin
  • Buat Otentikasi Login berbasis Web menggunakan PHP dan MySQL
  • Buat Fitur “Saran Pencarian Google” yang terkenal menggunakan AJAX dan PHP
  • Buat algoritme validasi sisi server dan klien untuk formulir web.
  • Gunakan Google Apps for Work untuk menyiapkan alamat email bisnis yang disesuaikan

Persyaratan

  • Siswa akan membutuhkan koneksi internet dan Sistem Komputer PC atau MAC.
  • Harap dicatat bahwa semua unduhan yang diperlukan gratis.
  • Editor Teks seperti Text Wrangler (MAC) atau Notepad ++ (Windows)
  • FileZilla FTP Client (Diunduh di Bagian 9).
  • PuTTY dan PuTTY Key GEN untuk pengguna Windows (Diunduh di Bagian 8).
  • Server WAMP untuk Pengguna Windows dan Server MAMP untuk Pengguna MAC (Diunduh di Bagian 7).
  • Penampil VNC Ketat untuk Pengguna Windows dan Penampil RealVNC untuk Pengguna MAC (Diunduh di Bagian 8).

Deskripsi

Kursus ini menawarkan gambaran menyeluruh tentang keseluruhan proses pengembangan web – dari konfigurasi server lokal menggunakan WAMP dan MAMP (Apache, MySQL, PHP) hingga penerapan produksi menggunakan teknologi web terbaru termasuk: LAMP Stack (Linux, Apache, PHP dan MySQL) untuk Ubuntu, HTML5, CSS, Bootstrap, JavaScript, jQuery, XML, dan AJAX.

Konten tersebut ideal bagi mereka yang tertarik untuk bekerja sebagai pengembang web, meluncurkan aplikasi web, atau penggemar setia. Konsep yang dieksplorasi dalam kursus ini cocok untuk individu dengan semua tingkat keahlian. Setiap modul dimulai dengan konsep dasar dan secara bertahap bertransisi menjadi materi yang lebih maju.

Bagian 1 & 2 (Pendahuluan, Cara Kerja Internet)

Kursus dimulai dengan gambaran umum tujuan pembelajaran. Kami kemudian mengeksplorasi cara kerja internet, termasuk komposisi dan transmisi paket data melalui Jaringan lokal dan area luas. Selanjutnya kita akan melihat protokol HTTP dan HTTPS yang berlaku untuk komunikasi sisi klien dan server – termasuk Pencarian DNS. Bagian ini juga akan mengajarkan siswa cara kerja pertukaran email melalui SMTP dan IMAP. Peran Network Ports dan Firewall juga diperkenalkan.

Bagian 3, 4: (Proses Pengembangan Web, Merencanakan Situs Web)

Siswa akan mendapatkan pemahaman tentang semua langkah yang terlibat dalam proses pengembangan web.

Bagian 5: Hosting Web dan Persyaratan Sistem

Kami melakukan analisis kasus mendalam tentang solusi hosting web termasuk: Shared, Virtual Private, Dedicated dan Cloud Hosting.

Kami memberikan gambaran umum dari berbagai paket yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan web hosting dan mempertimbangkan pro dan kontra masing-masing.

Siswa juga diperkenalkan dengan pentingnya skalabilitas server web dan keunggulan cloud hosting dibandingkan layanan hosting tradisional. Kami juga memeriksa persyaratan infrastruktur dari aplikasi populer yang menggunakan sumber daya intensif seperti Netflix dan Facebook untuk menekankan pentingnya menghindari kesalahan yang merugikan pada tahap awal pengembangan.

Bagian 6: Nama Domain

Kami memberikan gambaran umum tentang proses pendaftaran nama domain. Ini termasuk peran registrar dan administrasi TLD (Top Level Domain) oleh ICANN. ccTLD (Domain Tingkat Atas Kode Negara) juga dieksplorasi.

Siswa mendapatkan pengalaman langsung dengan proses pendaftaran menggunakan pendaftar domain populer. Kami memberikan perbandingan pendaftar yang berbeda dan mendaftarkan nama domain contoh menggunakan GoDaddy. Topik diskusi lainnya meliputi: privasi dan administrasi nama domain, perpanjangan otomatis, penerusan domain, dan penugasan server nama.

Bagian 7: Lingkungan Pengujian

Siswa diperkenalkan untuk mengkonfigurasi server pengujian lokal pada PC atau sistem MAC menggunakan WAMP (Windows) atau MAMP (MAC). Pelajaran ini memberikan panduan rinci tentang instalasi paket dan gambaran antarmuka.

Bagian 8: Lingkungan Produksi

Siswa memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk secara optimal mengonfigurasi lingkungan produksi langsung untuk menghosting aplikasi web dengan aman di server cloud (Linode). Bagian ini dimulai dengan gambaran umum tentang penyedia cloud hosting yang berbeda seperti Amazon Web Services, Microsoft Azure, Linode, dan Digital Ocean.

Kami kemudian memberikan demonstrasi langsung pengaturan server menggunakan Linode. Ini termasuk penyebaran Ubuntu dan penginstalan LAMP Stack (Linux) pada Server Linode menggunakan konsol akses jarak jauh seperti Terminal (MAC) dan PuTTY untuk Windows.

Siswa mendapatkan pengetahuan mendalam tentang pemeliharaan server, file, dan perintah direktori. Kami juga mempelajari Autentikasi SSH untuk beberapa pengguna dan izin file untuk mengurangi kerentanan keamanan. Koneksi Remote Desktop untuk administrasi server diajarkan, menggunakan VNC Ketat (Windows) dan RealVNC (MAC).

Tinjauan menyeluruh tentang konsol manajemen server Linode dilakukan, untuk menunjukkan kepada siswa bagaimana menskalakan server, mengubah kata sandi root, mengelola file Zona DNS dan membuat cadangan.

Bagian 9: Pengaturan FTP

Siswa mempelajari peran klien FTP (File Transfer Protocol) untuk terhubung ke server jauh, melalui mesin lokal. Kami menyediakan demonstrasi langsung tentang unggahan file menggunakan FileZilla dan menjelajahi Antarmuka FileZilla untuk manajemen koneksi.

Bagian 10: Pengembangan HTML

Bagian ini membahas HTML. HTML adalah blok bangunan fundamental utama saat belajar mengembangkan situs web. Siswa awalnya mempelajari dasar-dasar struktur halaman HTML dan secara bertahap beralih ke bekerja dengan spasi, pemformatan teks, daftar, gambar, video, tautan, jangkar, tabel, formulir, dan banyak lagi. Kami menyertakan beberapa proyek, di mana siswa diperlihatkan secara langsung, cara mengembangkan dan membuat kode halaman web html dari awal.

Bagian 11: Pengembangan CSS

Siswa belajar menggunakan CSS untuk membuat tata letak halaman web yang bergaya dan responsif. Kami mulai dengan membahas bagian dan jenis aturan CSS, diikuti oleh kelas CSS, DIVS, dan ID. Siswa mendapatkan eksposur yang signifikan ke berbagai opsi pemformatan, termasuk margin, padding, properti font, latar belakang, transparansi, pemosisian, gaya tautan, dan tabel CSS. Bagian ini mencakup proyek pengembangan web langsung di mana siswa memanfaatkan konsep yang dieksplorasi dalam pelajaran.

Bagian 12: Model Objek Dokumen (DOM)

Sebagai pendahulu JavaScript, kami menjelajahi DOM (Model Objek Dokumen). Kami menjelaskan penggunaan dan aplikasinya dalam memanipulasi elemen HTML dan CSS.

Bagian 13: Pengembangan JavaScript

Kami memperkenalkan siswa pada pengkodean JavaScript untuk menambahkan interaktivitas ke halaman HTML dan CSS statis. Bagian ini dimulai dengan membahas penempatan JavaScript, menggunakan skrip internal dan eksternal. Kami kemudian melihat output JavaScript, deklarasi variabel, operator aritmatika, objek, string, fungsi matematika, array, pernyataan bersyarat, loop, fungsi, dan peristiwa. Siswa juga menjalani dua proyek praktik yang selanjutnya akan memperkuat pengetahuan mereka tentang konsep yang dieksplorasi dalam pelajaran.

Bagian 14: JQuery Library

Kami menjelajahi perpustakaan jQuery dan banyak fitur uniknya, yang digunakan untuk membuat halaman web animasi yang menakjubkan. Kami mulai dengan dasar-dasarnya, dari menyematkan jQuery ke halaman web hingga bekerja dengan Selectors. Siswa kemudian mengeksplorasi bekerja dengan event, toggling, fading, sliding, dan bentuk animasi lainnya. Pelajaran juga mengajari siswa cara bekerja dengan callback, chaining, dragable, menu akordeon, dan banyak fungsi lainnya.

Bagian 15: Kerangka Bootstrap

Siswa diajar untuk menggunakan kerangka kerja Bootstrap untuk pengembangan front-end yang responsif, mengutamakan seluler. Sebagai salah satu pustaka pengembangan sumber terbuka terkemuka, Bootstrap merupakan bagian penting dari gudang pengkodean pengembang. Bagian ini dimulai dengan mengajari siswa cara memasukkan file Bootstrap penting ke dalam halaman web. Kemudian mengeksplorasi sistem Bootstrap Grid dan strategi tata letak populer untuk kompatibilitas lintas-perangkat dan lintas-browser yang optimal.

Siswa mendapatkan eksposur ke hampir setiap komponen Bootstrap, mulai dari tipografi, tabel dan gambar, hingga jumbotron, sumur, peringatan, tombol, glyphicons, dan bilah kemajuan. Bagian ini mencakup beberapa latihan langsung yang akan memandu siswa melalui proses membuat tata letak yang menakjubkan, lengkap dengan modals, carousel, popovers, menu drop-down, formulir, dan banyak lagi.

Bagian 16: Pengembangan PHP

Siswa mendapatkan eksposur untuk membuat aplikasi web dinamis dan fungsionalitas menggunakan PHP. Kita mulai dengan dasar-dasarnya, termasuk deklarasi variabel dan keluaran data. Pelajaran kemudian beralih ke bekerja dengan objek, pernyataan bersyarat, loop, fungsi, array, dan validasi formulir.

Bagian 17: Integrasi Database MySQL

Siswa belajar untuk melepaskan kekuatan sebenarnya dari pengembangan aplikasi web dengan integrasi database MySQL. Kami mulai dengan dasar-dasar dari database dan pembuatan tabel, hingga manajemen pengguna. Selanjutnya kita menjelajahi eksekusi pernyataan SQL yang umum digunakan untuk modifikasi dan administrasi database. Mahasiswa juga diajarkan bagaimana membuat koneksi database dan mengeksekusi statement SQL dari script PHP.

Bagian 18, 19 (XML, AJAX, & Pengembangan)

Kami mengeksplorasi integrasi XML dan AJAX untuk membuat konten dinamis, tanpa penyegaran halaman. Pelajaran tersebut mencakup beberapa latihan langsung yang akan mencakup banyak fungsi menarik yang ditawarkan AJAX. Siswa akan membangun website lengkap dengan integrasi database, formulir pendaftaran dengan validasi sisi server, otentikasi pengguna, dan formulir pengiriman kontak berbasis SMTP.

Bagian 20: Google Apps for Work

Siswa belajar membuat alamat email bisnis yang disesuaikan menggunakan Google Apps for Work. Administrasi email juga dieksplorasi, bersama dengan pembuatan alias.

Untuk siapa kursus ini:

  • Tidak diperlukan pengetahuan prasyarat
  • Siswa yang tertarik berkarir dalam pengembangan web
  • Mahasiswa tertarik memulai bisnis berbasis web
  • Siswa yang ingin beralih dari paket shared hosting, vps atau dedicated hosting ke solusi cloud hosting yang canggih
  • Siswa yang ingin memperbarui atau mempelajari keterampilan pemrograman baru menggunakan bahasa skrip web terbaru
  • Penggemar Pengembangan Web
KURSUS KOMPUTER ONLINE DIMANAPUN ANDA BERADA

About Jogja Multimedia

Check Also

Kursus Aggular

Kursus Angular | Angular Core Deep Dive (Part 2)

Kursus ini akan memberi Anda dasar yang kokoh pada platform Angular dengan memberikan Anda panduan …

Kursus Angular

Kursus Angular | Angular Untuk Pemula (Part 1)

Kursus Angular, Ada banyak yang harus dipelajari tentang kerangka Angular, yang bisa sedikit menakutkan terutama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *