Biaya Kursus Komputer Jogja Multimedia
Kursus Jasa C#

Kursus/Jasa C# | “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality (AR) Berbasis C# dengan Unity untuk Pembelajaran Interaktif”

Berikut adalah silabus untuk “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality (AR) Berbasis C# dengan Unity untuk Pembelajaran Interaktif”:

Sesi 1-5: Pengenalan Unity dan C# untuk Pengembangan AR

  1. Pengenalan Augmented Reality (AR) dan C#
    • Definisi AR dan peran C# dalam pengembangan AR
    • Pengantar Unity untuk aplikasi AR
  2. Instalasi dan Konfigurasi Unity serta Tools AR
    • Instalasi Unity dan pengenalan antarmuka
    • Instalasi AR Foundation dan Vuforia
  3. Dasar-dasar Pemrograman C# di Unity
    • Syntax dasar C# dan penerapan dalam Unity
  4. Pembuatan Project Pertama di Unity
    • Membuat project baru untuk aplikasi AR
    • Navigasi lingkungan 3D di Unity
  5. Pengenalan Object-Oriented Programming (OOP) dalam C#
    • Konsep dasar OOP: Class, Object, Inheritance

Sesi 6-10: Pengenalan Komponen AR dan Interaksi

  1. Pengenalan AR Foundation
    • Cara kerja AR Foundation dan bagaimana menghubungkan aplikasi ke perangkat mobile
  2. Tracking Objek dalam AR
    • Penggunaan kamera dan deteksi objek pada lingkungan AR
  3. Membangun Interaksi Dasar dalam Aplikasi AR
    • Manipulasi objek (rotasi, skala, dan posisi) dalam lingkungan AR
  4. Penggunaan UI untuk Aplikasi AR
    • Implementasi antarmuka pengguna dalam aplikasi AR
  5. Penggunaan Vuforia untuk AR Marker-Based
  • Membangun aplikasi AR dengan deteksi marker menggunakan Vuforia

Sesi 11-15: Pengembangan Fitur AR Lanjutan

  1. Mengintegrasikan Animasi dalam Aplikasi AR
  • Membuat dan menghubungkan animasi 3D dengan objek AR
  1. Penggunaan Audio dalam Aplikasi AR
  • Menambahkan elemen suara dan respons audio
  1. Pengembangan AR dengan 3D Models
  • Mengimpor dan menampilkan model 3D dalam lingkungan AR
  1. Interaksi Fisik dengan Objek AR
  • Implementasi fisika dasar dalam Unity untuk AR
  1. Teknik Pembuatan Multiple Targets di AR
  • Membangun aplikasi AR yang dapat mendeteksi dan menampilkan beberapa target sekaligus

Sesi 16-20: Penggunaan Data dan Integrasi Sistem

  1. Integrasi Augmented Reality dengan Data Eksternal
  • Menghubungkan aplikasi AR dengan sumber data eksternal (API, database)
  1. Menyimpan dan Memuat Data dalam Aplikasi AR
  • Menyimpan progres pengguna dan menampilkan data tersimpan
  1. Integrasi dengan Sistem Pembelajaran (LMS)
  • Menghubungkan aplikasi AR ke platform pembelajaran online
  1. Mengembangkan Fitur Quiz Interaktif dalam AR
  • Membangun sistem quiz berbasis AR untuk pembelajaran
  1. Penggunaan Augmented Reality untuk Pembelajaran Sains
  • Membangun simulasi sains menggunakan AR

Sesi 21-25: Prototyping dan Pengujian

  1. Prototyping Aplikasi Pembelajaran AR
  • Membangun prototipe awal untuk aplikasi AR interaktif
  1. Pengujian Fungsi dan Performa Aplikasi AR
  • Teknik pengujian dan debugging di Unity
  1. Pengujian Aplikasi AR pada Perangkat Mobile
  • Menjalankan dan menguji aplikasi AR di perangkat Android dan iOS
  1. Optimasi Performa Aplikasi AR
  • Teknik optimasi untuk meningkatkan performa aplikasi
  1. Integrasi Teknologi AR dengan Wearables (Kacamata AR)
  • Penerapan AR untuk perangkat wearable

Sesi 26-30: Pengembangan AR untuk Pembelajaran Khusus

  1. Pengembangan Konten Pembelajaran Matematika dengan AR
  • Membuat simulasi matematika interaktif menggunakan AR
  1. Pengembangan Konten Pembelajaran Biologi dengan AR
  • Simulasi anatomi atau ekosistem berbasis AR
  1. Pengembangan Konten Pembelajaran Fisika dengan AR
  • Membuat eksperimen fisika menggunakan AR
  1. Pengembangan Konten Pembelajaran Bahasa dengan AR
  • Membangun aplikasi pembelajaran bahasa berbasis AR
  1. Pengembangan Konten Pembelajaran Geografi dengan AR
  • Membuat aplikasi AR untuk visualisasi peta dan wilayah

Sesi 31-35: Pengembangan AR Multi-Platform

  1. Porting Aplikasi AR ke Platform Android
  • Membuat aplikasi AR siap untuk dirilis di Google Play Store
  1. Porting Aplikasi AR ke Platform iOS
  • Mempersiapkan aplikasi AR untuk Apple App Store
  1. Penggunaan AR Cloud untuk Sinkronisasi Multi-Device
  • Menghubungkan aplikasi AR di beberapa perangkat secara bersamaan
  1. Pengembangan AR Berbasis Web (WebAR)
  • Membangun aplikasi AR yang bisa dijalankan di browser
  1. Penggunaan Unity ARKit untuk iOS
  • Membuat aplikasi AR dengan ARKit pada perangkat iOS

Sesi 36-40: Finalisasi dan Publikasi Aplikasi AR

  1. Finalisasi dan Review Aplikasi AR
  • Review akhir fitur dan optimasi aplikasi
  1. Mempersiapkan Aplikasi AR untuk Publikasi
  • Langkah-langkah untuk merilis aplikasi AR di berbagai platform
  1. Strategi Monetisasi Aplikasi AR
  • Menentukan strategi monetisasi untuk aplikasi AR
  1. Publikasi dan Promosi Aplikasi AR
  • Teknik promosi untuk aplikasi AR di platform pembelajaran
  1. Presentasi Proyek Akhir
  • Penyampaian hasil akhir dari aplikasi AR interaktif untuk pembelajaran

Silabus ini mencakup seluruh aspek pengembangan aplikasi AR mulai dari dasar hingga lanjutan, serta memungkinkan peserta untuk merilis aplikasi AR di berbagai platform.

KURSUS KOMPUTER ONLINE DIMANAPUN ANDA BERADA

About Jogja Multimedia

Check Also

Kursus Roblox

Kursus/Jasa Roblox | “Pemanfaatan Roblox Studio sebagai Platform Pengajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)”

Silabus Pemanfaatan Roblox Studio sebagai Platform Pengajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Modul 1: …

Kursus Jasa Unreal Engine

Kursus/Jasa Unreal Engine | “Penerapan Unreal Engine dalam Simulasi Pelatihan Militer: Studi Kasus Penggunaan VR untuk Peningkatan Keterampilan Taktis”

Silabus 40 Sesi: “Penerapan Unreal Engine dalam Simulasi Pelatihan Militer: Studi Kasus Penggunaan VR untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *