Biaya Kursus Komputer Jogja Multimedia
Kursus Roblox

Kursus/Jasa Roblox | “Pemanfaatan Roblox Studio sebagai Platform Pengajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)”

Silabus Pemanfaatan Roblox Studio sebagai Platform Pengajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)

Modul 1: Pengantar Roblox Studio dan Dasar STEM (Sesi 1–8)

  1. Sesi 1: Pengantar Roblox dan Potensi dalam Pengajaran STEM
    • Apa itu Roblox?
    • Potensi Roblox untuk edukasi STEM.
  2. Sesi 2: Instalasi dan Navigasi Roblox Studio
    • Instalasi Roblox Studio.
    • Eksplorasi antarmuka pengguna dan fitur utama.
  3. Sesi 3: Dasar-Dasar Pemrograman Visual dan Script di Roblox
    • Pemrograman visual.
    • Pengenalan Lua scripting.
  4. Sesi 4: Pengenalan Konsep STEM dalam Game Edukasi
    • Konsep-konsep STEM yang relevan.
    • Studi kasus game STEM sederhana.
  5. Sesi 5: Membuat Objek Dasar di Roblox Studio
    • Membuat, mengedit, dan memodifikasi objek.
    • Studi kasus: Membuat bangunan sederhana.
  6. Sesi 6: Dasar-Dasar Fisika dalam Roblox Studio
    • Memahami gravitasi, kecepatan, dan gaya.
    • Penerapan fisika dasar dalam proyek.
  7. Sesi 7: Membuat Dunia 3D Interaktif
    • Mendesain lingkungan.
    • Studi kasus: Membuat taman dengan elemen STEM.
  8. Sesi 8: Membuat Game STEM Sederhana
    • Penerapan konsep STEM ke dalam game pertama.
    • Contoh: Simulasi pengukuran waktu dan jarak.

Modul 2: Pendalaman Konsep STEM dengan Roblox Studio (Sesi 9–20)

  1. Sesi 9: Penerapan Konsep Matematika dalam Game Roblox
    • Membuat teka-teki berbasis matematika.
  2. Sesi 10: Pemrograman Variabel dan Fungsi dalam Roblox Studio
    • Membuat fungsi untuk menghitung jarak.
  3. Sesi 11: Dasar-Dasar Robotika dan Otomasi di Roblox
    • Membuat model robot virtual sederhana.
  4. Sesi 12: Membuat Simulasi Gerak Planet (Konsep Astronomi)
    • Menggunakan sumbu rotasi dan translasi.
  5. Sesi 13: Penerapan Teknologi (T) dalam Game
    • Membangun mekanisme otomatisasi sederhana.
  6. Sesi 14: Simulasi Jaringan Listrik dan Energi
    • Membangun simulasi alur listrik.
  7. Sesi 15: Penerapan Teknik (Engineering)
    • Mendesain jembatan yang kuat menggunakan konsep fisika.
  8. Sesi 16: Konsep Biologi dalam Game Edukasi
    • Simulasi ekosistem virtual.
  9. Sesi 17: Menambahkan Interaksi dengan Pemain
    • Membuat tombol dan trigger event.
  10. Sesi 18: Studi Kasus: Membuat Game Eksperimen Kimia
    • Simulasi campuran bahan dengan hasil visual.
  11. Sesi 19: Penerapan Data dan Statistik dalam Game STEM
    • Membuat grafik data interaktif.
  12. Sesi 20: Optimasi Game STEM untuk Pengajaran
    • Menyesuaikan game untuk berbagai kelompok usia.

Modul 3: Proyek dan Implementasi (Sesi 21–40)

  1. Sesi 21: Membuat Alur Game dan Tantangan STEM
    • Perancangan alur permainan edukasi.
  2. Sesi 22: Kolaborasi dalam Roblox Studio
    • Fitur kerja tim dalam Roblox.
  3. Sesi 23: Membuat Sistem Penilaian Otomatis
    • Menambahkan skor berdasarkan aktivitas pemain.
  4. Sesi 24: Penerapan Konsep Energi dan Daya
    • Simulasi konversi energi dalam game.
  5. Sesi 25: Membuat Puzzle STEM Berbasis Logika
    • Menggunakan logika matematika untuk teka-teki.
  6. Sesi 26: Menambahkan Elemen Audio dan Visual
    • Membuat efek suara dan animasi.
  7. Sesi 27: Pengujian Game STEM
    • Mengidentifikasi bug dan melakukan perbaikan.
  8. Sesi 28: Implementasi Feedback Pemain
    • Menambahkan fitur survei atau komentar dalam game.
  9. Sesi 29: Integrasi Pembelajaran STEM Berbasis Kurikulum
    • Mengaitkan game dengan standar kurikulum.
  10. Sesi 30: Studi Kasus: Membangun Proyek Eksplorasi Angkasa
    • Game eksplorasi planet dengan penghitungan gravitasi.
  11. Sesi 31: Menyempurnakan Game STEM
    • Memastikan game user-friendly.
  12. Sesi 32: Membuat Sistem Multiplayer
    • Menambahkan fitur interaksi antar pemain.
  13. Sesi 33: Studi Kasus: Simulasi Sirkuit Elektronik
    • Menggunakan alat virtual untuk simulasi sirkuit.
  14. Sesi 34: Menambahkan Narasi Edukasi
    • Menyisipkan cerita untuk memperkuat pembelajaran.
  15. Sesi 35: Publikasi dan Distribusi Game
    • Cara mempublikasikan game di Roblox.
  16. Sesi 36: Analisis Dampak Game terhadap Pembelajaran
    • Evaluasi penggunaan game pada peserta didik.
  17. Sesi 37: Membuat Panduan Bermain untuk Pengguna
    • Dokumentasi langkah-langkah bermain game.
  18. Sesi 38: Penyempurnaan Akhir Proyek
    • Menyelesaikan bug dan meningkatkan pengalaman pemain.
  19. Sesi 39: Presentasi Proyek Game STEM
    • Setiap peserta mempresentasikan hasil karya mereka.
  20. Sesi 40: Evaluasi Akhir dan Sertifikasi
    • Diskusi evaluasi akhir dan pemberian sertifikat.

Catatan: Setiap sesi dilengkapi dengan tugas praktis dan penilaian berbasis proyek untuk memastikan pemahaman peserta.

KURSUS KOMPUTER ONLINE DIMANAPUN ANDA BERADA

About Jogja Multimedia

Check Also

Kursus Jasa Unity

Kursus/Jasa Unity3D | “Pengembangan Aplikasi Pelatihan Militer Virtual Menggunakan Unity 3D dengan Integrasi Sistem Kecerdasan Buatan”

Silabus  Pengembangan Aplikasi Pelatihan Militer Virtual Menggunakan Unity 3D dengan Integrasi Sistem Kecerdasan Buatan Bagian …

Kursus Jasa Javascript

Kursus/Jasa JavaScript | Pengembangan Aplikasi Pendeteksi Objek Berbasis JavaScript Menggunakan TensorFlow.js untuk Penerapan di Browser

Berikut adalah silabus untuk “Pengembangan Aplikasi Pendeteksi Objek Berbasis JavaScript Menggunakan TensorFlow.js untuk Penerapan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *