Seperti yang Anda mungkin sudah tahu, Vray adalah render Plugin. Ini sebuah plugin, yang berarti bahwa hal itu menambah fungsionalitas untuk program yang ada. Fitur Vray ini terutama bertujuan menciptakan gambar fotorealistik, bersama-sama dengan meningkatkan kecepatan rendering. Saat ini, Vray ada untuk 3D Studio Max, Maya, Rhinoceros 3D, Sketchup, Softimage, Blender dan bahkan ada versi standalone yang tersedia. Silakan periksa situs Chaosgroup untuk informasi tentang kompatibilitas dan harga.
Gambar Gambar dibawah ini dibuat dengan Vray untuk 3dsMax, tapi plugin untuk paket lain umumnya sangat mirip.
Sebagian besar fitur Vray dapat ditemukan di render dialog setup (F10), tetapi banyak penambahan lainnya didistribusikan di seluruh program. Misalnya Vray menambahkan bahan sendiri dan tekstur, jenis lampu, generator bulu, efek gaya toon, pengubah perpindahan, frame buffer, efek, dll …
Vray diciptakan oleh Chaosgroup, sebuah perusahaan Eropa berbasis di Bulgaria. Klik di sini untuk mengunjungi situs web mereka.
Vray 3.0 Fitur – adegan penuh anti-aliasing
Anti-aliasing secara langsung berhubungan dengan kualitas gambar. Lihatlah gambar di bawah ini untuk melihat perbedaan antara anti-aliasing dan tidak ada anti aliasing. Ini berkaitan dengan merapikan tepi objek, rincian tekstur, refleksi kabur, daerah bayangan dll …
Karena mempengaruhi begitu banyak aspek dalam gambar Anda, sangat penting untuk memahami bagaimana mengendalikannya. Mengubah pengaturan anti aliasing memiliki pengaruh yang besar pada hasil render, hal ini dapat membawa render dari 5 detik sampai beberapa jam dengan mengubah pengaturan ,1-0,001.
Dalam Vray Anda dapat mengontrol kualitas gambar dengan hanya beberapa pengaturan, yang membuat gambar menjadi sempurna dan gambar akhir yang berkualitas tinggi. Anda hanya harus belajar dan memahami efek dan pentingnya setiap pengaturan, sehingga Anda tahu apa yang diharapkan dengan mengubah parameter.
Vray 3.0 – Standard Vray Material
Vray menambahkan jenis bahan sendiri untuk 3DS Max. Yang paling penting adalah Standard V-ray material, ini akan menjadi dasar untuk sebagian besar bahan yang Anda akan buat. Ada juga bahan campuran, yang dapat digunakan untuk campuran beberapa bahan lainnya sama untuk menciptakan bahan yang lebih kompleks.
Bahan Vray yang normal adalah salah satu yang akan Anda paling gunakan. Dengan hanya jenis ini Anda dapat membuat sesuatu seperti kaca, plastik, logam, kayu, dan sebagainya.
Berikut adalah beberapa contoh dari bahan-bahan sederhana, Anda dapat membuat dengan mengubah hanya beberapa parameter dalam bahan V-ray standar.
Pertama beberapa plastik dan logam bahan:
Tapi juga kaca atau plastik transparan yang super mudah untuk membuatnya.
Selain bahan Vray normal, ada beberapa bahan yang lebih khusus seperti bahan VrayLight, bahan VrayBlend, bahan Vray2sided, VrayfastSSS, pembungkus vraymaterial, Vray Carpaint, dan Vray Flakes. Anda dapat membuat berbagai jenis materi yang dapat Anda bayangkan (atau kombinasi dari jenis atau dalam kombinasi dengan peta tekstur Max).
Berikut ini adalah contoh dari bahan VrayLight. Anda dapat menggunakan untuk objek apapun untuk mengubahnya menjadi sumber cahaya. Bahkan ada pilihan untuk membuat sumber cahaya nyata langsung sehingga mengeluarkan bayangan raytraced tajam.
Contoh lain, kali ini bahan VrayCarpaint. Ia menambahkan efek ‘serpihan’ halus untuk lapisan dasar materi, simulasi tampilan cat metalik. Tapi itu juga bahan berlapis, sehingga Anda dapat mengubah difus dan refleksi parameter untuk dasar dan lapisan ‘mantel’. Sebagai contoh, perhatikan cahaya halus di sekitar refleksi tajam dari lapisan mantel.
Vray 3.0 Fitur – pemetaan Pemindahan
Pemetaan perpindahan sebagian besar digunakan untuk menambah detail halus ke benda Anda pada waktu render. Anda dapat menggunakan segala jenis peta untuk perpindahan, dan vray akan ‘menggusur’ mesh Anda menurut info grayscale di peta. Misalnya piksel hitam tidak akan terlantar, pixel putih akan memiliki perpindahan tertinggi.
Hal ini mirip dengan benjolan peta, tetapi dengan perpindahan mesh yang sebenarnya dipindahkan, sehingga bahkan di tepi objek Anda, Anda dapat melihat ‘benjolan’. Anda bahkan dapat menggunakan perpindahan untuk mengubah bidang datar menjadi pemandangan gunung kasar!
Gambar di bawah menunjukkan perbedaan antara peta benjolan sederhana dan Vray perpindahan pengubah. Keduanya menggunakan sama persis peta tekstur.
s
Vray 3.0 Fitur – Fur Generator
Vray bulu adalah jenis objek khusus yang memungkinkan Anda menempatkan helai bulu pada setiap jenis geometri.bulu tidak berat pada viewport seperti yang dihasilkan pada waktu render.
Bulu dapat digunakan untuk rambut, rumput, pohon keren, karpet atau bahkan kaktus. Versi Vray terbaru memiliki banyak pilihan untuk membuat bulu cukup realistis.
Berikut adalah contoh rambut model ikan yang dirender menggunakan Vray Fur.
Vray 3.0 Fitur – iluminasi global
Iluminasi global adalah salah satu poin Vray terkuat, yang mengapa banyak orang archviz memilih Vray sebagai renderer pilihan mereka. iluminasi global adalah simulasi bagaimana cahaya berperilaku di dunia nyata. Ketika cahaya menerpa benda-benda, hal itu akan sebagian diserap, dan sebagian memantul lagi. Tanpa Global Illumination, hasilnya menjadi gelap.
Bila Anda menambahkan sumber cahaya, itu memantulkan cahaya ke objek lain dan hanya itu, segala sesuatu yang tidak langsung diterangi oleh lightsource akan hitam.
Sekarang dengan GI dihidupkan, lampu akan tercermin dari groundplane dan model ikan, dan semua akan terlihat terang benderang.
Vray 3.0 Fitur – lampu Lokasi
V-ray juga menambah jenis cahaya sendiri, salah satunya adalah cahaya planar (atau cahaya area). Seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah, lampu ini bertindak seperti panel cahaya yang besar, seperti yang Anda lihat di foto studio. Semakin besar cahaya, semakin lembut bayangan (atau sebaliknya).
Vray 3.0 Fitur – HDRI / gambar berbasis pencahayaan
Fitur lain dari lampu Vray adalah bahwa Anda dapat memetakan tekstur untuk itu. Ketika digunakan dengan peta tekstur HDRI khusus, Anda bisa menyalakan seluruh adegan Anda dengan hanya satu lampu, dan pencahayaan yang sangat alami dan refleksi dari itu. Gambar di bawah menyala dengan hanya satu lampu, bayangan sangat bagus dan pencahayaan model dari arah yang berbeda.
Vray 3.0 Fitur – Sun dan sistem langit
V-ray juga menambahkan sistem matahari / langit lengkap untuk 3dsMax. Dengan ini Anda dengan mudah dapat setup sinar matahari dengan tekstur langit yang sesuai. Tekstur Langit secara otomatis menyesuaikan warna untuk posisi yang dipilih dari matahari. Hal ini sangat berguna bagi arsitek untuk membuat studi sinar matahari pada bangunan mereka.
Vray 3.0 Fitur – Kamera Fisik
Vray bisa juga meniru sifat kamera dunia nyata, ketika Anda mengganti kamera max standar dengan Kamera Vray fisik. Ini akan menambahkan banyak fitur untuk mengontrol setiap aspek, dapat mengontrol pada kamera nyata seperti kecepatan rana, aperture, kedalaman lapangan, blur, distorsi lensa, vignetting, keseimbangan warna, iso, dan seterusnya …
Di bawah ini adalah contoh dari kedalaman lapangan: objek tidak fokus akan menjadi lebih kabur. Dan tentu saja seperti yang lainnya, Anda memiliki kontrol penuh atas setiap properti yang mendefinisikan DOF.
Fitur lain yang terkait dengan kamera motion blur. Vray dapat menghitung raytraced motion blur, sehingga blur sangat realistis (jauh lebih baik daripada dengan metode post). Misalnya, ikan hijau pada gambar di bawah bergerak cukup cepat dari kiri ke kanan, sedangkan ikan merah berputar.
Vray 3.0 Fitur – efek Lens
Selain itu ada lagi efek lensa Vray. Efek ini ditambahkan melalui Vray Frame Buffer, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda setelah render selesai.
Hal ini berguna ketika Anda memiliki sumber cahaya terang atau pantulan yang sangat terang dalam adegan Anda. Gambar di bawah ini menunjukkan efek, dibesar-besarkan sedikit untuk membuatnya lebih terlihat.
Juga perhatikan bagaimana efek ini memecahkan masalah anti aliasing yang akan selalu hadir dalam situasi seperti ini! (Lihat gambar kedua tanpa efek lensa)
Vray 3.0 Fitur – RT (real time)
Sejak versi 2.0, Vray dibundel dengan Vray RT, yang merupakan renderer realtime! Anda dapat menetapkan viewport untuk Vray RT, dan itu akan terus tampil. Mengubah setting seperti sumber materi atau cahaya, dan membuat terlihat secara langsung/realtime.
Ia juga menggunakan GPU Anda untuk membuat gambar, sehingga dengan seting yang tepat ini benar-benar dapat mempercepat render berkali kali!
Nah sekarang anda sudah paham apa itu Vray, anda dapat menggunakan Vray untuk desain Interior dan eksterior. ikuti kursusnya dengan klik link dibawah ini…..
File latihan diberikan
Hubungi Segera :
JOGJA MULTIMEDIA
JL MAGELANG KM 7,5 MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA
HP/WA : 0877.3887.5400
PIN BB : 5229B9B9
Lihat biaya kursus klik DISINI
Lihat siswa kami klik DISINI
Lihat materi kursus lain klik DISINI
Lihat cara mengikuti kursus online klik DISINI