Home / Office / Excel / Mengenal Formula pada Excel – Part 09: Fungsi SUM
Biaya Kursus Komputer Jogja Multimedia

Mengenal Formula pada Excel – Part 09: Fungsi SUM

Pada beberapa artikel terdahulu telah dibahas konsep-konsep dasar yang harus Anda ketahui tentang formula pada aplikasi Excel. Mulai artikel ini, akan dibahas beberapa fungsi dasar yang umum digunakan dalam formula Excel untuk membantu proses penghitungan data pada aktifitas pekerjaan sehari-hari.

Fungsi yang pertama dan bisa dibilang merupakan salah satu fungsi yang paling banyak diketahui dan digunakan setiap pengguna aplikasi Excel adalah fungsi SUM. Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data dari beberapa sel. Aturan penulisannya sebagai berikut:

=SUM(sel awal:sel akhir)

Alamat sel awal hingga sel akhir merupakan sebuah range, dengan demikian aturan penulisan fungsi SUM juga bisa dituliskan sebagai berikut:

=SUM(range)

Sebagai contoh, pada tabel berikut ini akan dihitung nilai Total Penjualan pada sel C7 untuk data bulan Januari hingga bulan April, yaitu data pada sel C3 hingga C6.

Sesuai dengan aturan penulisan formula yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, maka cara penulisan fungsi SUM untuk menghitung nilai Total Penjualan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pilih sel C7
  • Ketikan tanda =
  • Ketikan SUM atau gunakan fitur Intellisense
  • Ketikan tanda (
  • Klik sel C3 lalu drag ke sel C6
  • Ketikan tanda )

  • Tekan Enter untuk melihat hasilnya

Dan hasil penjumlahan akan ditampilkan pada sel C7 seperti tampak pada gambar berikut ini.

Dengan demikian, formula yang telah Anda gunakan untuk menghitung nilai Total tersebut adalah:

C7=SUM(C3:C6)

Untuk memeriksa hasil dari penulisan formula ini, cobalah untuk merubah data pada sel C3 hingga C6 dan lihatlah apakah hasil perhitungan pada sel C7 telah berubah. Jika berubah, maka penulisan formula sudah sesuai.

Penulisan range pada formula ini memang lebih mudah dilakukan dengan menggunakan klik dan drag mouse, namun untuk range yang terlalu jauh, tentunya Anda pun dapat mengetikan alamat range tersebut secara manual. Atau untuk kemudahan perhitungan dikemudian hari, Anda pun dapat memberi Nama pada range data tersebut seperti yang telah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya.

Cara Mengikuti Kursus Online Di Jogja Multimedia Bagi Peserta Kursus Dari Luar Kota Jogjakarta

Pada beberapa artikel terdahulu telah dibahas konsep-konsep dasar yang harus Anda ketahui tentang formula pada aplikasi Excel. Mulai artikel ini, akan dibahas beberapa fungsi dasar yang umum digunakan dalam formula Excel untuk membantu proses penghitungan data pada aktifitas pekerjaan sehari-hari. Fungsi yang pertama dan bisa dibilang merupakan salah satu fungsi yang paling banyak diketahui dan digunakan setiap pengguna aplikasi Excel adalah fungsi SUM. Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data dari beberapa sel. Aturan penulisannya sebagai berikut: =SUM(sel awal:sel akhir) Alamat sel awal hingga sel akhir merupakan sebuah range, dengan demikian aturan penulisan fungsi SUM juga bisa dituliskan sebagai berikut: =SUM(range)…

0%

User Rating: Be the first one !
KURSUS KOMPUTER ONLINE DIMANAPUN ANDA BERADA

About Jogja Multimedia

Check Also

Mengenal Formula pada Excel – Part 04: Nama Sel

Formula pada aplikasi Excel tentunya akan sangat tergantung pada alamat sel termasuk range yang merupakan …

Mengenal Formula pada Excel – Part 05: Operator Hitung Dasar

Kegunaan utama dari formula pada aplikasi Excel tentunya untuk membantu proses penghitungan agar lebih cepat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *