Kursus/Jasa Lumion | “Optimalisasi Efek Pencahayaan dan Material dalam Rendering Arsitektur Menggunakan Lumion”
Jogja Multimedia
25 November 2024
Arsitektur, Lumion
48 Views
Berikut Silabus “Optimalisasi Efek Pencahayaan dan Material dalam Rendering Arsitektur Menggunakan Lumion”
Tahap 1: Pengenalan Dasar Lumion (Sesi 1-10)
- Sesi 1: Pengantar Visualisasi Arsitektur dan Peran Lumion
- Konsep rendering dalam arsitektur.
- Pengenalan fitur utama Lumion.
- Sesi 2: Instalasi dan Pengaturan Awal Lumion
- Persyaratan hardware/software.
- Pengaturan project default.
- Sesi 3: Antarmuka Lumion dan Navigasi
- Memahami workspace Lumion.
- Navigasi kamera dan tools dasar.
- Sesi 4: Import Model ke Lumion
- Format file yang didukung (SketchUp, Revit, 3ds Max, dll).
- Teknik optimalisasi model sebelum import.
- Sesi 5: Pengaturan Lingkungan (Environment Setup)
- Pengaturan langit, awan, dan atmosfer.
- Elemen landscape: pohon, air, dan tanah.
- Sesi 6: Pengenalan Library Material Lumion
- Material bawaan Lumion.
- Penyesuaian material dasar.
- Sesi 7: Penempatan dan Penyesuaian Objek dalam Scene
- Menambahkan elemen dekoratif.
- Tools pengaturan posisi dan skala.
- Sesi 8: Memahami Sistem Pencahayaan di Lumion
- Jenis-jenis lampu (point light, area light, spotlight).
- Pengaturan intensitas dan warna lampu.
- Sesi 9: Teknik Dasar Render Gambar
- Pemilihan preset rendering.
- Setting resolusi dan kualitas gambar.
- Sesi 10: Studi Kasus Awal
- Membuat render sederhana dari proyek kecil.
Tahap 2: Optimalisasi Material dan Pencahayaan (Sesi 11-20)
- Sesi 11: Teknik Pemilihan Material yang Realistis
- Menggunakan material bawaan.
- Mengimpor material dari sumber eksternal.
- Sesi 12: Advanced Material Settings
- Transparansi, pantulan, dan displacement map.
- Menggunakan normal dan bump maps.
- Sesi 13: Simulasi Pencahayaan Alami
- Pengaturan waktu (siang/malam).
- Pengaruh arah sinar matahari terhadap scene.
- Sesi 14: Pencahayaan Buatan untuk Interior
- Penggunaan lampu area dan spotlight.
- Kombinasi pencahayaan alami dan buatan.
- Sesi 15: Efek Pencahayaan Dinamis
- Simulasi animasi pencahayaan.
- Pengaturan intensitas sesuai waktu.
- Sesi 16: Teknik Refleksi dan Cahaya Indirek
- Penyesuaian refleksi material.
- Cahaya ambient dan indirect lighting.
- Sesi 17: Simulasi Material Transparan
- Efek kaca, air, dan plastik transparan.
- Penyesuaian opacity dan pantulan.
- Sesi 18: Optimalisasi Rendering untuk Tekstur Kompleks
- Material kayu, batu, dan metal.
- Menambahkan efek aging pada material.
- Sesi 19: Efek Khusus Pencahayaan (Glow & Emissive)
- Membuat elemen bercahaya.
- Kombinasi glow untuk lampu jalan dan bangunan.
- Sesi 20: Studi Kasus: Optimalisasi Material dan Lighting untuk Interior
- Proyek rendering ruang tamu modern.
Tahap 3: Teknik Lanjutan Rendering (Sesi 21-30)
- Sesi 21: Memahami Kamera dan Komposisi Frame
- Pengaturan sudut pandang dan depth of field.
- Sesi 22: Efek Kamera untuk Rendering Realistis
- Blur, vignette, dan pengaturan exposure.
- Sesi 23: Menggunakan Efek Cahaya Matahari (God Rays)
- Membuat efek dramatis pada scene.
- Sesi 24: Teknik Rendering Malam Hari
- Pencahayaan lampu jalan dan jendela.
- Sesi 25: Efek Cuaca dan Musim
- Menambahkan hujan, salju, dan kabut.
- Sesi 26: Rendering Animasi dengan Pencahayaan Dinamis
- Simulasi transisi siang ke malam.
- Sesi 27: Menambahkan Detail Lingkungan untuk Realisme
- Elemen kecil seperti daun jatuh atau genangan air.
- Sesi 28: Teknik Post-Processing di Lumion
- Warna, kontras, dan saturasi.
- Sesi 29: Optimalisasi Rendering untuk Proyek Besar
- Strategi mengurangi waktu render.
- Sesi 30: Studi Kasus Lanjutan
- Proyek rendering rumah dua lantai dengan detail tinggi.
Tahap 4: Finalisasi Proyek dan Presentasi (Sesi 31-40)
- Sesi 31: Membuat Portofolio Proyek Lumion
- Mengatur file proyek untuk presentasi.
- Sesi 32: Teknik Video Rendering untuk Presentasi Proyek
- Menambahkan animasi kamera dan elemen bergerak.
- Sesi 33: Penggunaan Efek Audio dalam Animasi
- Menambahkan suara untuk presentasi yang imersif.
- Sesi 34: Optimasi Rendering untuk Klien
- Format file, ukuran, dan kompatibilitas perangkat.
- Sesi 35: Proyek Mandiri 1: Visualisasi Eksterior Proyek
- Render eksterior lengkap dengan detail pencahayaan.
- Sesi 36: Proyek Mandiri 2: Visualisasi Interior Proyek
- Render interior lengkap dengan efek material.
- Sesi 37: Ulasan dan Evaluasi Proyek Mandiri
- Analisis kualitas dan area untuk peningkatan.
- Sesi 38: Persiapan untuk Presentasi Klien
- Membuat storyboard dan flow presentasi.
- Sesi 39: Presentasi Hasil Proyek
- Simulasi presentasi kepada audiens.
- Sesi 40: Penilaian Akhir dan Sertifikasi
- Evaluasi proyek dan pemberian sertifikat kelulusan.