Biaya Kursus Komputer Jogja Multimedia
Kursus Unity

Kursus/Jasa Unity | Desain dan Implementasi Game Virtual Reality Interaktif Berbasis Unity untuk Rehabilitasi Pasien Stroke

Berikut adalah silabus  mengenai Desain dan Implementasi Game Virtual Reality Interaktif Berbasis Unity untuk Rehabilitasi Pasien Stroke:

Sesi 1-3: Pengenalan Unity dan Virtual Reality (VR)

  • Tujuan: Memahami dasar-dasar Unity dan aplikasi VR.
  • Materi:
    • Pengantar Unity: Interface, tools, dan struktur project.
    • Dasar-dasar Virtual Reality: Konsep dan perangkat keras (VR headset).
    • Studi kasus aplikasi VR dalam dunia kesehatan.
  • Praktik: Instalasi Unity dan pembuatan proyek pertama.

Sesi 4-6: Pengembangan Lingkungan 3D dalam Unity

  • Tujuan: Mengembangkan lingkungan 3D yang digunakan untuk rehabilitasi.
  • Materi:
    • Pengenalan asset 3D dan penggunaan asset store.
    • Membuat dan memodifikasi terrain serta objek 3D.
    • Desain lingkungan yang imersif untuk terapi pasien stroke.
  • Praktik: Mendesain lingkungan virtual sederhana dengan Unity.

Sesi 7-9: Interaksi Pengguna di VR

  • Tujuan: Memahami dan menerapkan interaksi dasar dalam VR.
  • Materi:
    • Input VR: Penggunaan controller dan gerakan tangan.
    • Desain interaksi pasien dengan objek di dalam game (grasping, pointing).
    • Implementasi feedback taktil untuk respons interaksi.
  • Praktik: Mengintegrasikan VR controller untuk interaksi dasar.

Sesi 10-12: Pemrograman C# di Unity untuk Game VR

  • Tujuan: Menguasai dasar-dasar scripting di Unity.
  • Materi:
    • Pengenalan C# di Unity.
    • Membuat script untuk kontrol gerakan dan interaksi objek.
    • Optimasi kode untuk kinerja yang lebih baik dalam VR.
  • Praktik: Membuat script untuk mengontrol gerakan pasien dalam simulasi.

Sesi 13-15: Desain UI dan UX untuk Aplikasi Rehabilitasi

  • Tujuan: Mendesain antarmuka pengguna yang intuitif untuk pasien stroke.
  • Materi:
    • Prinsip-prinsip UX dalam VR untuk pengguna dengan keterbatasan fisik.
    • Desain UI yang mudah digunakan untuk pasien rehabilitasi.
    • Implementasi voice commands dan gesture controls.
  • Praktik: Membuat UI dan navigasi dalam game VR.

Sesi 16-18: Pembuatan Skenario Rehabilitasi untuk Pasien Stroke

  • Tujuan: Mendesain skenario rehabilitasi berbasis game.
  • Materi:
    • Memahami kebutuhan fisik dan kognitif pasien stroke.
    • Desain aktivitas terapi yang mendukung pemulihan motorik.
    • Studi kasus aplikasi rehabilitasi berbasis VR.
  • Praktik: Mendesain skenario rehabilitasi seperti latihan gerakan tangan.

Sesi 19-21: Integrasi Sensor untuk Pemantauan Progres Pasien

  • Tujuan: Memahami dan menerapkan sensor untuk memantau kemajuan pasien.
  • Materi:
    • Integrasi sensor motion capture (misalnya Kinect) untuk pelacakan gerakan.
    • Implementasi pelacakan data rehabilitasi dan analisis hasil terapi.
    • Studi kasus penggunaan sensor dalam game rehabilitasi.
  • Praktik: Mengintegrasikan sensor pelacakan gerakan ke Unity.

Sesi 22-24: Optimasi Kinerja Game VR

  • Tujuan: Mengoptimalkan game VR agar berjalan lancar.
  • Materi:
    • Pengurangan lag dan peningkatan frame rate untuk pengalaman VR yang lancar.
    • Penggunaan teknik render scaling dan occlusion culling.
    • Optimasi untuk perangkat VR dengan spesifikasi rendah.
  • Praktik: Mengoptimalkan lingkungan dan skenario rehabilitasi.

Sesi 25-27: Uji Coba dan Validasi Aplikasi Rehabilitasi

  • Tujuan: Menguji aplikasi dan melakukan perbaikan berdasarkan umpan balik.
  • Materi:
    • Teknik uji coba dengan pasien stroke: Studi kasus.
    • Mengukur keberhasilan terapi menggunakan game VR.
    • Validasi aplikasi untuk efektivitas dalam proses rehabilitasi.
  • Praktik: Simulasi uji coba dan analisis hasil terapi dengan pasien.

Sesi 28-30: Publikasi dan Pengembangan Lebih Lanjut

  • Tujuan: Merilis dan mempublikasikan game rehabilitasi berbasis Unity.
  • Materi:
    • Penerbitan aplikasi ke VR platform (Oculus, Steam VR, dll.).
    • Mengumpulkan umpan balik pengguna dan rencana pengembangan lebih lanjut.
    • Implementasi update dan dukungan aplikasi pasca-rilis.
  • Praktik: Publikasi aplikasi ke platform VR dan persiapan dokumentasi.

Segera daftarkan diri anda di bit.ly/daftarkursusjm Sampai ketemu di kelas ya…

KURSUS KOMPUTER ONLINE DIMANAPUN ANDA BERADA

About Jogja Multimedia

Check Also

Kursus Jasa Game Maker

Kursus/Jasa Game Maker | “Pengembangan Game Platformer 2D dengan Fitur Multiplayer Menggunakan Game Maker Studio”

Silabus “Pengembangan Game Platformer 2D dengan Fitur Multiplayer Menggunakan Game Maker Studio” Bagian 1: Pengantar …

Kursus Roblox

Kursus/Jasa Roblox | “Pemanfaatan Roblox Studio sebagai Platform Pengajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)”

Silabus Pemanfaatan Roblox Studio sebagai Platform Pengajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Modul 1: …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *