Biaya Kursus Komputer Jogja Multimedia
Kursus Jasa Yolo

Kursus/Jasa Yolo | Penerapan YOLO untuk Sistem Deteksi Penyakit Tanaman dalam Bidang Pertanian Berbasis Citra Digital

Berikut adalah silabus yang dirancang untuk pelatihan tentang “Penerapan YOLO untuk Sistem Deteksi Penyakit Tanaman dalam Bidang Pertanian Berbasis Citra Digital.” Silabus ini mencakup pemahaman dasar tentang YOLO, persiapan data, pelatihan model, dan penerapan pada sistem deteksi penyakit tanaman.


Sesi 1-5: Pengenalan dan Dasar-Dasar YOLO

  1. Pengantar YOLO dan Deteksi Objek
    • Dasar deteksi objek dengan YOLO dan konsep umum.
  2. Arsitektur YOLO dan Cara Kerjanya
    • Pemahaman detail tentang arsitektur YOLO (YOLOv3 dan YOLOv4).
  3. Perbandingan YOLO dengan Algoritma Deteksi Objek Lainnya
    • Kelebihan dan kekurangan YOLO dibandingkan R-CNN, SSD, dll.
  4. Instalasi dan Pengaturan Lingkungan Pengembangan
    • Instalasi Python, OpenCV, TensorFlow/PyTorch, dan YOLO.
  5. Pengantar Citra Digital dan Analisis Gambar untuk Deteksi Penyakit
    • Dasar analisis gambar digital dalam aplikasi pertanian.

Sesi 6-10: Dasar-Dasar Pembelajaran Mesin dan Jaringan Saraf Konvolusi (CNN)

  1. Pengantar Pembelajaran Mesin dan Pembelajaran Mendalam
    • Dasar pembelajaran mesin dan konsep jaringan saraf dalam konteks deteksi objek.
  2. Jaringan Saraf Konvolusi (CNN) untuk Deteksi Objek
    • Pemahaman arsitektur CNN yang mendasari YOLO.
  3. Dataset dan Anotasi Data untuk Deteksi Objek
    • Teknik anotasi gambar untuk objek tanaman yang sakit.
  4. Pra-pemrosesan Data untuk YOLO
    • Teknik augmentasi data dan pra-pemrosesan untuk meningkatkan akurasi YOLO.
  5. Pengantar Dataset Tanaman dan Penyakit Tanaman
    • Pemahaman dataset penyakit tanaman (contoh: PlantVillage).

Sesi 11-15: Persiapan Data dan Anotasi untuk Deteksi Penyakit

  1. Mengumpulkan Dataset untuk Penyakit Tanaman
    • Sumber dataset penyakit tanaman dan metode pengumpulan data.
  2. Teknik Anotasi Data Menggunakan LabelImg atau VGG Image Annotator
    • Menggunakan alat anotasi untuk label penyakit tanaman.
  3. Format Data untuk YOLO (TXT Format)
    • Konversi data anotasi ke format YOLO.
  4. Pra-pemrosesan Gambar dengan OpenCV
    • Teknik resizing, cropping, dan augmentasi gambar menggunakan OpenCV.
  5. Pengelolaan Dataset untuk Pelatihan Model YOLO
    • Pembagian dataset menjadi train, test, dan validation.

Sesi 16-20: Pelatihan Model YOLO

  1. Mengunduh dan Mengatur Model YOLO Pre-trained
    • Menggunakan model YOLO yang sudah terlatih sebagai basis.
  2. Mengonfigurasi YOLO untuk Deteksi Penyakit Tanaman
    • Menyiapkan file konfigurasi YOLO untuk kategori penyakit tanaman.
  3. Pelatihan Model YOLO dengan Dataset Penyakit Tanaman
    • Menjalankan pelatihan YOLO dan melacak performa.
  4. Melakukan Fine-Tuning Model YOLO untuk Meningkatkan Akurasi
    • Teknik tuning hiperparameter untuk hasil yang optimal.
  5. Memahami Output Pelatihan YOLO (Loss, mAP)
    • Analisis output pelatihan dan interpretasi metrik YOLO.

Sesi 21-25: Evaluasi dan Validasi Model

  1. Evaluasi Model: Precision, Recall, F1-Score
    • Menghitung dan memahami metrik evaluasi model.
  2. Validasi Model YOLO pada Dataset Uji
    • Menguji model YOLO pada data yang tidak dilatih.
  3. Memahami Konsep Mean Average Precision (mAP)
    • Penggunaan mAP untuk mengevaluasi akurasi deteksi YOLO.
  4. Analisis Kesalahan dan Tuning Model Lanjutan
    • Identifikasi kesalahan umum dalam deteksi penyakit tanaman.
  5. Memperbaiki Model Berdasarkan Hasil Validasi
    • Teknik lanjutan untuk meningkatkan performa model.

Sesi 26-30: Implementasi YOLO untuk Sistem Deteksi Penyakit Tanaman

  1. Integrasi Model YOLO ke Sistem Deteksi
    • Cara mengintegrasikan YOLO ke dalam sistem berbasis Python.
  2. Membangun Antarmuka Pengguna dengan OpenCV
    • Pembuatan antarmuka sederhana untuk menampilkan deteksi penyakit.
  3. Implementasi Kamera Real-Time untuk Deteksi Penyakit Tanaman
    • Penggunaan kamera untuk deteksi langsung di lapangan.
  4. Menghubungkan Model dengan Database Penyakit Tanaman
    • Menyimpan hasil deteksi ke dalam database untuk referensi.
  5. Pengujian dan Uji Coba Sistem di Lapangan
    • Menguji sistem deteksi di lapangan untuk melihat performa.

Sesi 31-35: Optimalisasi dan Skalabilitas

  1. Optimasi Model YOLO untuk Perangkat dengan Sumber Daya Terbatas
    • Teknik optimasi untuk perangkat mobile atau embedded.
  2. Konversi Model YOLO ke Format Lain (ONNX, TensorRT)
    • Konversi model YOLO agar lebih ringan dan cepat.
  3. Pengujian Efisiensi dan Kecepatan Deteksi
    • Mengukur waktu pemrosesan dan efisiensi model.
  4. Penanganan Situasi Ketika Deteksi Tidak Akurat
    • Teknik fallback atau retraining untuk kasus gagal deteksi.
  5. Menerapkan Sistem di Platform Cloud untuk Penskalaan
    • Menyiapkan YOLO di cloud untuk akses jarak jauh dan skalabilitas.

Sesi 36-40: Analisis Data, Dokumentasi, dan Penyempurnaan Sistem

  1. Pengumpulan Data Hasil Deteksi untuk Analisis Lanjutan
    • Menyimpan dan menganalisis data hasil deteksi.
  2. Visualisasi Data Penyakit Tanaman dengan Alat BI (Power BI atau Tableau)
    • Membuat visualisasi hasil deteksi untuk analisis pola.
  3. Dokumentasi dan Laporan Akhir Pengembangan Sistem
    • Menulis laporan proyek dan dokumentasi teknis.
  4. Penyempurnaan Sistem Berdasarkan Masukan Pengguna Lapangan
    • Mengintegrasikan masukan untuk penyempurnaan sistem.
  5. Pemaparan Hasil dan Pengujian Akhir Sistem
    • Presentasi dan demonstrasi hasil akhir deteksi penyakit tanaman berbasis YOLO.

Silabus ini memberikan pemahaman mendalam tentang penerapan YOLO pada deteksi penyakit tanaman dan memberikan landasan kuat untuk mengembangkan proyek yang aplikatif di lapangan.

KURSUS KOMPUTER ONLINE DIMANAPUN ANDA BERADA

About Jogja Multimedia

Check Also

Kursus Roblox

Kursus/Jasa Roblox | “Pemanfaatan Roblox Studio sebagai Platform Pengajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)”

Silabus Pemanfaatan Roblox Studio sebagai Platform Pengajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Modul 1: …

Kursus Jasa Unreal Engine

Kursus/Jasa Unreal Engine | “Penerapan Unreal Engine dalam Simulasi Pelatihan Militer: Studi Kasus Penggunaan VR untuk Peningkatan Keterampilan Taktis”

Silabus 40 Sesi: “Penerapan Unreal Engine dalam Simulasi Pelatihan Militer: Studi Kasus Penggunaan VR untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *