Biaya Kursus Komputer Jogja Multimedia
Kursus Jasa ZBrush

Kursus/Jasa ZBrush | “Efisiensi Teknik Retopology pada Model 3D yang Dibuat Menggunakan ZBrush untuk Game Development”

Berikut silabus lengkap untuk “Efisiensi Teknik Retopology pada Model 3D yang Dibuat Menggunakan ZBrush untuk Game Development”

Bagian 1: Pengenalan dan Dasar-Dasar (Sesi 1–5)

Sesi 1:

  • Pengenalan Digital Sculpting dalam ZBrush.
  • Pentingnya retopology untuk pipeline game development.
  • Studi kasus: Model high-poly vs low-poly.

Sesi 2:

  • Antarmuka ZBrush untuk pemula.
  • Tools dasar untuk sculpting dan retopology.
  • Eksplorasi Dynamesh dan ZRemesher.

Sesi 3:

  • Pengenalan pipeline 3D dalam game development.
  • Perbedaan antara high-poly dan low-poly untuk optimalisasi game.
  • Persiapan model untuk proses retopology.

Sesi 4:

  • Teknik dasar retopology manual menggunakan ZBrush.
  • Penggunaan ZSphere untuk pembuatan topology.
  • Praktik langsung: Menerapkan retopology pada model sederhana.

Sesi 5:

  • Penggunaan ZRemesher untuk otomatisasi retopology.
  • Konfigurasi ZRemesher Guide.
  • Evaluasi hasil topology otomatis.

Bagian 2: Teknik Lanjutan Retopology (Sesi 6–15)

Sesi 6:

  • Retopology manual vs otomatis: Kapan menggunakan masing-masing teknik?
  • Praktik perbandingan hasil manual dan otomatis pada model organik.

Sesi 7:

  • Membuat topology bersih untuk animasi (edge loops dan poles).
  • Studi kasus: Topology wajah untuk rigging.

Sesi 8:

  • Membuat topology yang optimal untuk model hard-surface.
  • Praktik langsung: Retopology pada model hard-surface.

Sesi 9:

  • Pengenalan penggunaan software tambahan (Maya/Blender) untuk retopology.
  • Integrasi workflow ZBrush dengan software lain.

Sesi 10:

  • Optimisasi topology untuk detail tinggi (normal map baking).
  • Praktik: Retopology pada model bertekstur kompleks.

Sesi 11:

  • Menghindari masalah umum retopology (ngons, triangles, dan poles berlebih).
  • Solusi praktis untuk topology yang rusak.

Sesi 12:

  • Workflow ZBrush dengan game engines (Unity dan Unreal Engine).
  • Praktik langsung: Mengekspor model low-poly ke Unreal Engine.

Sesi 13:

  • Retopology untuk model karakter humanoid: Proses lengkap.
  • Praktik: Retopology pada torso karakter.

Sesi 14:

  • Retopology untuk model organik non-humanoid.
  • Studi kasus: Retopology pada model hewan atau monster.

Sesi 15:

  • Retopology untuk model modular dalam game.
  • Praktik: Retopology bagian model modular (contoh: armor).

Bagian 3: Detailing dan Optimisasi (Sesi 16–25)

Sesi 16:

  • Membuat topology yang siap untuk rigging dan skinning.
  • Praktik: Retopology bagian sendi (bahu, lutut, siku).

Sesi 17:

  • Workflow penggabungan retopology dengan texturing (Substance Painter).
  • Eksplorasi detail topology untuk UV mapping.

Sesi 18:

  • Baking detail high-poly ke low-poly.
  • Praktik langsung: Membuat normal map dan ambient occlusion map.

Sesi 19:

  • Optimisasi retopology untuk performa game.
  • Studi kasus: Analisis FPS dan draw calls di game engine.

Sesi 20:

  • Penerapan LOD (Level of Detail) menggunakan topology low-poly.
  • Praktik: Membuat model dengan LOD 0, 1, dan 2.

Sesi 21:

  • Retopology untuk aksesori kecil (perhiasan, senjata, dll.).
  • Praktik: Retopology pada model pedang.

Sesi 22:

  • Retopology untuk lingkungan game (landscape dan assets).
  • Studi kasus: Retopology pada batu atau pohon.

Sesi 23:

  • Memperbaiki topology rusak pada model impor.
  • Praktik: Membersihkan model dari software lain.

Sesi 24:

  • Workflow UV mapping pasca retopology.
  • Praktik: Membuat UV map pada model organik.

Sesi 25:

  • Teknik pengurangan jumlah poligon tanpa mengorbankan detail visual.
  • Praktik: Optimisasi topology untuk mobile game.

Bagian 4: Studi Kasus dan Proyek Akhir (Sesi 26–40)

Sesi 26:

  • Studi kasus lengkap: Model karakter dari sculpting hingga retopology.
  • Diskusi: Menghadapi tantangan dalam pipeline.

Sesi 27:

  • Studi kasus lingkungan game: Retopology dan baking.
  • Praktik: Model aset kecil seperti tong atau peti.

Sesi 28:

  • Memadukan model retopology dengan animasi di game engine.
  • Praktik: Mengekspor dan mengintegrasikan model ke Unity.

Sesi 29:

  • Proyek awal: Retopology model organik untuk game PC.

Sesi 30:

  • Proyek awal: Retopology model hard-surface untuk game mobile.

Sesi 31:

  • Diskusi dan evaluasi proyek awal.
  • Perbaikan dan saran teknik.

Sesi 32–35:

  • Proyek akhir individu: Membuat retopology model karakter lengkap.
  • Implementasi: Sculpting, retopology, baking, dan integrasi ke game engine.

Sesi 36–38:

  • Presentasi proyek akhir: Review dan feedback kelompok.
  • Dokumentasi workflow proyek akhir.

Sesi 39:

  • Diskusi tren terbaru dalam retopology dan game development.
  • Penggunaan AI dan tools baru untuk optimisasi retopology.

Sesi 40:

  • Evaluasi keseluruhan: Feedback, sertifikasi, dan tips pengembangan karier di bidang game development.
KURSUS KOMPUTER ONLINE DIMANAPUN ANDA BERADA

About Jogja Multimedia

Check Also

Kursus Jasa Grasshopper

Kursus/Jasa Grasshopper | “Integrasi Algoritma Evolusi di Grasshopper untuk Optimasi Struktur Arsitektur: Studi pada Bangunan Kompleks Geometri”

Berikut Silabus Integrasi Algoritma Evolusi di Grasshopper untuk Optimasi Struktur Arsitektur: Studi pada Bangunan Kompleks …

Kursus Jasa Rhino

Kursus/Jasa Rhino 3D | “Simulasi dan Optimasi Struktur Jembatan Menggunakan Rhino 3D dan Plugin Karamba”

Berikut Silabus Simulasi dan Optimasi Struktur Jembatan Menggunakan Rhino 3D dan Plugin Karamba   Bagian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *