Biaya Kursus Komputer Jogja Multimedia
Kursus Jasa Construct

Kursus/Jasa Construct | Studi Perancangan Game Edukasi Adaptif Berbasis Artificial Intelligence dan Construct 3 untuk Pembelajaran Individual

Silabus Studi Perancangan Game Edukasi Adaptif Berbasis Artificial Intelligence dan Construct 3 untuk Pembelajaran Individual

Tujuan Silabus:

  • Memahami konsep game edukasi adaptif berbasis AI.
  • Mengembangkan keterampilan menggunakan Construct 3 untuk membuat game edukasi.
  • Mengintegrasikan elemen AI untuk personalisasi pembelajaran individual.

Bagian 1: Pengantar Game Edukasi dan AI (Sesi 1-8)

Sesi 1: Pengantar Game Edukasi

  • Definisi dan pentingnya game edukasi.
  • Studi kasus game edukasi yang sukses.

Sesi 2: Konsep Game Adaptif

  • Apa itu game adaptif?
  • Manfaat adaptivitas dalam pembelajaran.

Sesi 3: Peran Artificial Intelligence dalam Game Edukasi

  • Konsep dasar AI dalam game.
  • Contoh penerapan AI pada game edukasi.

Sesi 4: Perkenalan Construct 3

  • Pengenalan antarmuka Construct 3.
  • Penjelasan konsep event-driven programming.

Sesi 5: Studi Kasus Game Edukasi

  • Menganalisis game edukasi adaptif populer.
  • Menentukan elemen desain adaptif.

Sesi 6: Desain Alur Game (Game Flow)

  • Mendesain flowchart untuk game edukasi.
  • Mengidentifikasi kebutuhan user/player.

Sesi 7: Konsep Adaptasi Pembelajaran Individual

  • Analisis kebutuhan individual dalam pembelajaran.
  • Strategi adaptasi berbasis AI.

Sesi 8: Workshop – Merancang Konsep Game

  • Diskusi ide game edukasi.
  • Membuat dokumen desain awal.

Bagian 2: Dasar Pengembangan Game dengan Construct 3 (Sesi 9-16)

Sesi 9: Membuat Proyek Baru di Construct 3

  • Membuat kanvas game.
  • Menambahkan objek sederhana.

Sesi 10: Menambahkan Karakter dan Lingkungan

  • Mendesain dan menambahkan karakter.
  • Membuat lingkungan yang interaktif.

Sesi 11: Event dan Behavior

  • Membuat interaksi dasar menggunakan event.
  • Menambahkan behavior seperti platformer dan drag-and-drop.

Sesi 12: Sistem Level pada Construct 3

  • Mendesain level pembelajaran.
  • Membuat transisi antar level.

Sesi 13: Sistem Penilaian

  • Menambahkan skor dan penilaian.
  • Menganalisis progres pemain.

Sesi 14: Menambahkan Konten Edukasi

  • Integrasi soal atau konten edukasi.
  • Mendesain antarmuka soal.

Sesi 15: Testing dan Debugging

  • Melakukan uji coba.
  • Debugging masalah umum.

Sesi 16: Workshop – Prototipe Dasar

  • Membuat prototipe sederhana.
  • Mendemonstrasikan hasil kepada kelompok.

Bagian 3: Integrasi Artificial Intelligence (Sesi 17-28)

Sesi 17: Dasar-Dasar AI untuk Game

  • Pengenalan algoritma AI.
  • Framework AI yang kompatibel dengan Construct 3.

Sesi 18: Personalization Engine

  • Membuat mesin personalisasi untuk pembelajaran.
  • Algoritma dasar penyesuaian konten.

Sesi 19: Sistem Pengambilan Keputusan AI

  • Membuat decision tree untuk game adaptif.
  • Mengintegrasikan logika AI sederhana.

Sesi 20: Integrasi API AI

  • Menghubungkan game dengan layanan AI eksternal.
  • Contoh API seperti TensorFlow.js atau OpenAI API.

Sesi 21: Adaptive Feedback

  • Menambahkan umpan balik adaptif berbasis performa pemain.
  • Menyesuaikan tingkat kesulitan game.

Sesi 22: Sistem Pelacakan Progres

  • Membuat sistem pelacakan progres pemain.
  • Menganalisis data untuk rekomendasi pembelajaran.

Sesi 23: Mengelola Konten Dinamis

  • Mengubah konten pembelajaran berdasarkan kemampuan pemain.
  • Menyesuaikan level dengan AI.

Sesi 24: Algoritma Penyesuaian Kesulitan

  • Mendesain algoritma adaptasi kesulitan.
  • Implementasi logika berbasis statistik sederhana.

Sesi 25: AI untuk Gamifikasi

  • Mengintegrasikan AI untuk meningkatkan engagement pemain.
  • Studi kasus leaderboard adaptif.

Sesi 26: Uji Coba Sistem AI

  • Melakukan pengujian integrasi AI.
  • Debugging sistem AI.

Sesi 27: Optimisasi Kinerja Game

  • Optimisasi kinerja AI dalam game.
  • Tips untuk efisiensi dalam Construct 3.

Sesi 28: Workshop – Pengembangan Fitur Adaptif

  • Menerapkan fitur adaptif ke dalam game.
  • Demonstrasi hasil kepada kelompok.

Bagian 4: Penyelesaian dan Evaluasi Proyek (Sesi 29-40)

Sesi 29: Menambahkan Audio dan Animasi

  • Integrasi elemen audio dan animasi.
  • Mendesain feedback visual yang menarik.

Sesi 30: Sistem Pelaporan dan Analitik

  • Membuat laporan performa pemain.
  • Menggunakan data untuk analisis efektivitas.

Sesi 31: Pengujian Pengguna

  • Mengundang pengguna untuk uji coba.
  • Mengumpulkan feedback.

Sesi 32: Iterasi Berdasarkan Feedback

  • Memperbaiki game berdasarkan feedback.
  • Penyempurnaan fitur.

Sesi 33: Dokumentasi Proyek

  • Membuat dokumentasi teknis dan non-teknis.
  • Menyusun laporan akhir.

Sesi 34: Persiapan Publikasi

  • Membuat versi web/game untuk distribusi.
  • Mengunggah game ke platform publik.

Sesi 35: Evaluasi Efektivitas Game

  • Menggunakan metode evaluasi efektivitas pembelajaran.
  • Membandingkan hasil sebelum dan sesudah bermain.

Sesi 36: Finalisasi Proyek

  • Penyelesaian game sepenuhnya.
  • Persiapan untuk presentasi akhir.

Sesi 37: Simulasi Presentasi

  • Latihan presentasi hasil proyek.
  • Review dari kelompok.

Sesi 38: Presentasi Hasil Proyek

  • Presentasi kepada audiens.
  • Diskusi dan tanya jawab.

Sesi 39: Publikasi dan Penyebaran

  • Membuat halaman deskripsi untuk game.
  • Strategi promosi.

Sesi 40: Penutupan dan Refleksi

  • Diskusi refleksi proses pembelajaran.
  • Evaluasi keseluruhan proyek dan sertifikasi partisipasi.

Silabus ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang pengembangan game edukasi adaptif menggunakan Construct 3 dan AI

KURSUS KOMPUTER ONLINE DIMANAPUN ANDA BERADA

About Jogja Multimedia

Check Also

Kursus Jasa Unreal Engine

Kursus/Jasa Unreal Engine | “Penerapan Unreal Engine dalam Simulasi Pelatihan Militer: Studi Kasus Penggunaan VR untuk Peningkatan Keterampilan Taktis”

Silabus 40 Sesi: “Penerapan Unreal Engine dalam Simulasi Pelatihan Militer: Studi Kasus Penggunaan VR untuk …

Kursus Jasa Unity

Kursus/Jasa Unity3D | “Pengembangan Aplikasi Pelatihan Militer Virtual Menggunakan Unity 3D dengan Integrasi Sistem Kecerdasan Buatan”

Silabus  Pengembangan Aplikasi Pelatihan Militer Virtual Menggunakan Unity 3D dengan Integrasi Sistem Kecerdasan Buatan Bagian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *