Bagian 1: Dasar-dasar Unity 3D (Sesi 1–10)
Sesi 1: Pengenalan Unity 3D dan Proyek Militer Virtual
- Instalasi Unity dan setup awal.
- Penjelasan Unity Editor dan komponen utama.
- Overview proyek pelatihan militer virtual.
Sesi 2: Pemahaman Dasar Scene dan Objek 3D
- Membuat dan mengatur scene sederhana.
- Menambahkan objek 3D seperti terrain, bangunan, dan objek militer dasar (tank, helikopter).
Sesi 3: Navigasi Kamera dan Kontrol Pemain
- Implementasi kontrol kamera untuk sudut pandang taktis.
- Membuat kontrol dasar untuk pemain (keyboard dan mouse).
Sesi 4: Pengenalan Material dan Pencahayaan
- Menambahkan material pada objek.
- Pengaturan pencahayaan untuk skenario siang dan malam.
Sesi 5: Pembuatan Terrain dan Lingkungan Realistis
- Membuat terrain menggunakan Terrain Editor.
- Menambahkan elemen lingkungan seperti pohon, jalan, dan air.
Sesi 6: Sistem Fisika Dasar
- Implementasi rigidbody dan collider.
- Simulasi gravitasi dan interaksi objek.
Sesi 7: Animasi Dasar untuk Karakter
- Menambahkan animasi gerakan untuk tentara atau kendaraan.
- Mengatur mekanisme animasi menggunakan Animator.
Sesi 8: Membuat UI Dasar
- Menambahkan elemen UI seperti menu utama, HUD (Head-Up Display), dan indikator misi.
Sesi 9: Pengenalan Skrip C# di Unity
- Dasar-dasar pemrograman dengan C#.
- Membuat skrip untuk mengontrol pergerakan objek dan aksi dasar.
Sesi 10: Implementasi Sistem Interaksi Dasar
- Membuat interaksi antara pemain dan objek (seperti membuka pintu atau mengaktifkan perangkat).
Bagian 2: Sistem Pelatihan Militer Virtual (Sesi 11–20)
Sesi 11: Membuat Sistem Misi dan Tujuan
- Menambahkan sistem pencapaian misi.
- Mengatur logika kemenangan dan kekalahan.
Sesi 12: Desain Skenario Tempur
- Membuat peta tempur dengan elemen strategis.
- Menambahkan struktur bangunan untuk berlindung.
Sesi 13: Sistem Senjata dan Tembakan
- Implementasi senjata, peluru, dan efek tembakan.
- Menambahkan logika untuk hit detection dan damage.
Sesi 14: Simulasi Kendaraan Militer
- Menambahkan kendaraan seperti tank dan helikopter.
- Membuat kontrol dasar untuk mengendarai kendaraan.
Sesi 15: Sistem Audio dan Efek Suara
- Menambahkan efek suara tembakan, langkah kaki, dan suara kendaraan.
- Implementasi sistem audio spasial.
Sesi 16: AI untuk NPC Militer (Dasar)
- Membuat NPC sederhana dengan pergerakan otomatis.
- Menambahkan logika untuk mendeteksi pemain.
Sesi 17: Sistem Navigasi dengan NavMesh
- Membuat jalur navigasi menggunakan NavMesh.
- Implementasi NPC yang dapat bergerak secara otomatis di medan kompleks.
Sesi 18: Sistem Peringkat dan Skor
- Menambahkan sistem skor berdasarkan performa.
- Membuat leaderboard untuk pelatihan.
Sesi 19: Optimasi Performansi Aplikasi
- Teknik untuk meningkatkan performa game pada perangkat rendah.
- Mengoptimalkan terrain, material, dan skrip.
Sesi 20: Pengujian dan Debugging
- Mengidentifikasi bug dan memperbaikinya.
- Melakukan pengujian untuk memastikan aplikasi berjalan lancar.
Bagian 3: Integrasi Kecerdasan Buatan (AI) (Sesi 21–30)
Sesi 21: Konsep Dasar AI dalam Unity
- Penjelasan tentang peran AI dalam pelatihan militer.
- Perbedaan AI reaktif dan proaktif.
Sesi 22: Pembuatan AI Dasar untuk Tentara
- Membuat logika patroli dan deteksi pemain.
- Menambahkan skrip AI untuk menyerang pemain.
Sesi 23: Sistem Keputusan AI dengan Finite State Machine (FSM)
- Membuat FSM untuk menentukan perilaku AI (berjaga, menyerang, bersembunyi).
- Mengatur transisi antar state.
Sesi 24: Implementasi AI untuk Strategi Tim
- Membuat AI yang bekerja dalam tim (grup militer).
- Menambahkan logika kolaborasi antar NPC.
Sesi 25: Sistem Pembelajaran AI (Machine Learning)
- Penjelasan dasar Unity ML-Agents.
- Menyiapkan lingkungan untuk melatih agen menggunakan Unity ML-Agents.
Sesi 26: Melatih AI untuk Pengambilan Keputusan
- Melatih agen AI untuk menghindari tembakan.
- Menggunakan reinforcement learning untuk meningkatkan performa.
Sesi 27: AI untuk Kendaraan Militer
- Menambahkan AI untuk mengontrol tank atau helikopter.
- Simulasi pergerakan kendaraan berdasarkan medan.
Sesi 28: Sistem AI Adaptif
- Membuat AI yang dapat menyesuaikan strategi berdasarkan performa pemain.
- Implementasi algoritma adaptif sederhana.
Sesi 29: Pengujian Sistem AI
- Menguji interaksi antara pemain dan AI.
- Melakukan iterasi untuk meningkatkan respons AI.
Sesi 30: Dokumentasi dan Integrasi Sistem AI
- Dokumentasi alur kerja AI.
- Mengintegrasikan AI ke dalam aplikasi pelatihan.
Bagian 4: Penyelesaian dan Publikasi Proyek (Sesi 31–40)
Sesi 31: Penyesuaian Desain Lingkungan
- Membuat lingkungan lebih realistis dengan elemen detail.
- Menambahkan efek cuaca seperti hujan dan angin.
Sesi 32: Sistem Multiplayer (Opsional)
- Pengenalan Unity Netcode untuk multiplayer.
- Membuat fitur pelatihan tim dalam mode online.
Sesi 33: Sistem Penyimpanan Data dan Progres
- Menambahkan fitur untuk menyimpan progres pemain.
- Menggunakan PlayerPrefs atau sistem penyimpanan berbasis file.
Sesi 34: Integrasi VR (Opsional)
- Mengatur Unity untuk mendukung perangkat Virtual Reality.
- Membuat kontrol gerakan untuk perangkat VR.
Sesi 35: Pengujian Akhir Aplikasi
- Melakukan pengujian lengkap untuk memastikan semua fitur bekerja.
- Mendapatkan feedback dari pengguna.
Sesi 36: Optimasi dan Finalisasi
- Mengoptimalkan grafik, audio, dan performa secara keseluruhan.
- Menyelesaikan semua perbaikan berdasarkan pengujian.
Sesi 37: Membuat Trailer Aplikasi
- Membuat video demo aplikasi pelatihan.
- Menggunakan Unity Recorder untuk merekam gameplay.
Sesi 38: Packaging dan Deployment
- Membuat build aplikasi untuk berbagai platform (PC, Web, VR).
- Menyusun installer dan dokumentasi pengguna.
Sesi 39: Penyusunan Laporan Proyek
- Membuat laporan lengkap tentang pengembangan aplikasi.
- Menyusun dokumentasi teknis dan user guide.
Sesi 40: Presentasi Proyek
- Menyusun presentasi untuk memamerkan aplikasi.
- Simulasi penggunaan aplikasi di hadapan audiens.
Silabus ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pengembangan aplikasi pelatihan militer virtual dengan Unity 3D