Silabus 40 Sesi: “Penerapan Unreal Engine dalam Simulasi Pelatihan Militer: Studi Kasus Penggunaan VR untuk Peningkatan Keterampilan Taktis”
Bagian 1: Pengantar dan Dasar Unreal Engine (Sesi 1-8)
Sesi 1: Pengantar Unreal Engine dan Potensi VR dalam Pelatihan Militer
- Pengenalan Unreal Engine dan aplikasinya.
- Peran VR dalam simulasi pelatihan militer.
- Instalasi Unreal Engine dan persiapan lingkungan kerja.
- Eksplorasi antarmuka Unreal Engine.
- Studi kasus aplikasi VR militer.
Sesi 2: Pemahaman Dasar Blueprint dan Visual Scripting
- Konsep dasar Blueprint di Unreal Engine.
- Membuat alur kerja sederhana menggunakan Blueprint.
- Pembuatan logika dasar interaksi objek.
- Men-debug Blueprint.
- Implementasi dasar interaksi VR.
Sesi 3: Manajemen Proyek dan Pengaturan Level Dasar
- Struktur folder dalam proyek Unreal Engine.
- Pengaturan level untuk simulasi taktis.
- Penambahan aktor dan elemen dunia dasar.
- Menyesuaikan pencahayaan dan efek lingkungan.
- Simpan, impor, dan ekspor proyek.
Sesi 4: Material dan Tekstur dalam Unreal Engine
- Membuat dan mengedit material dasar.
- Menambahkan tekstur pada objek.
- Pemahaman material dinamis untuk VR.
- Penggunaan peta normal dan PBR.
- Optimalisasi material untuk performa VR.
Sesi 5: Kamera dan Sistem VR
- Menyiapkan kamera dalam Unreal Engine.
- Membuat sudut pandang orang pertama (First-Person Perspective).
- Konfigurasi perangkat VR (mis. Oculus, HTC Vive).
- Interaksi kamera dengan VR headset.
- Penyesuaian interaksi VR untuk simulasi taktis.
Sesi 6: Animasi Karakter Dasar
- Memahami skeletal mesh dan rigging.
- Mengimpor karakter dari Mixamo atau sumber lain.
- Menyambungkan animasi dasar ke karakter.
- Menyesuaikan blueprint animasi untuk VR.
- Implementasi gerakan taktis karakter.
Sesi 7: Membuat Lingkungan Latihan Dasar
- Membuat peta latihan militer.
- Penyesuaian aset dunia (tanah, pohon, bangunan).
- Pemahaman sistem navigasi AI dasar.
- Penyesuaian medan untuk latihan VR.
- Menambahkan objek statis untuk pelatihan.
Sesi 8: Integrasi Interaksi Dasar
- Membuat objek interaktif (mis. pintu, tombol).
- Menambahkan fungsi Blueprint untuk interaksi.
- Menyesuaikan fisika objek dalam VR.
- Membuat elemen navigasi untuk pengguna VR.
- Pengujian level dasar dengan perangkat VR.
Bagian 2: Pengembangan Simulasi Taktis (Sesi 9-20)
Sesi 9: Desain Sistem AI untuk Musuh Taktis
- Dasar-dasar Behavior Tree di Unreal Engine.
- Membuat AI sederhana untuk musuh.
- Menambahkan elemen deteksi pemain.
- Implementasi pergerakan taktis AI.
- Penyesuaian logika serangan musuh.
Sesi 10: Membuat Tim Player dan Sistem Komunikasi
- Menambahkan karakter AI sekutu.
- Membuat sistem komunikasi tim dasar.
- Penyesuaian strategi AI sekutu.
- Menambahkan animasi komunikasi.
- Simulasi koordinasi tim dalam VR.
Sesi 11: Desain Lingkungan untuk Latihan Taktis
- Menambahkan elemen dinamis (gerbang, lift).
- Membuat level dengan berbagai medan (kota, hutan, gurun).
- Optimalisasi lingkungan untuk VR.
- Menambahkan efek cuaca dinamis.
- Pengujian lingkungan dengan perangkat VR.
Sesi 12: Sistem Senjata dan Taktik Tempur
- Membuat senjata dasar (pistol, senapan).
- Implementasi mekanisme menembak.
- Penyesuaian recoil dan akurasi.
- Menambahkan amunisi dan logika pengisian ulang.
- Integrasi sistem senjata dalam VR.
Sesi 13: Sistem Penilaian dan Peningkatan Keterampilan
- Membuat sistem skor berdasarkan performa.
- Menambahkan indikator waktu dan akurasi.
- Menambahkan logika penalti untuk kesalahan.
- Pengembangan fitur replay.
- Pengujian sistem penilaian dalam simulasi.
Sesi 14: Simulasi Real-Time Taktik Serangan
- Membuat skenario serangan dengan waktu nyata.
- Penyesuaian strategi AI untuk situasi kritis.
- Menambahkan tantangan lingkungan (perangkap, barikade).
- Mengintegrasikan skenario pelatihan dalam VR.
- Pengujian taktis dengan headset VR.
Sesi 15-20: Pengembangan Latihan Khusus dan Iterasi
- Mendesain level dengan skenario tertentu (penyelamatan sandera, pertahanan).
- Optimalisasi simulasi untuk berbagai perangkat VR.
- Implementasi elemen narasi dan panduan suara.
- Membuat laporan performa individu dan tim.
- Iterasi simulasi berdasarkan umpan balik pengujian.
Bagian 3: Optimalisasi dan Penyelesaian Proyek (Sesi 21-40)
Sesi 21-30:
- Pengujian Performa dan Debugging:
- Identifikasi bottleneck performa.
- Debugging elemen VR dan AI.
- Optimalisasi level dan interaksi untuk VR.
- Penerapan Desain UX/UI dalam Simulasi:
- Mendesain antarmuka pengguna.
- Menambahkan menu pelatihan dan pemilihan level.
- Implementasi feedback haptic dalam VR.
- Pembuatan Dokumentasi Proyek:
- Menulis dokumentasi teknis untuk simulasi.
- Pembuatan video demo simulasi.
Sesi 31-40: Finalisasi dan Presentasi
- Finalisasi Proyek:
- Penyempurnaan level, AI, dan interaksi VR.
- Pengujian ulang seluruh simulasi.
- Persiapan Presentasi:
- Menyusun materi presentasi proyek.
- Latihan presentasi dengan simulasi live.
- Penilaian dan Revisi:
- Mendapatkan feedback dari tim ahli.
- Melakukan revisi akhir berdasarkan feedback.
Hasil Akhir:
Simulasi pelatihan militer berbasis VR dengan Unreal Engine siap digunakan untuk pelatihan keterampilan taktis secara interaktif.