Biaya Kursus Komputer Jogja Multimedia
Kursus Jasa 3DS Max

Kursus/Jasa 3D Studio Max | “Pengembangan Model 3D untuk Visualisasi Arsitektur Realistis Menggunakan Autodesk 3ds Max”

Silabus Pengembangan Model 3D untuk Visualisasi Arsitektur Realistis Menggunakan Autodesk 3ds Max


Bagian 1: Pengenalan dan Dasar-dasar (Sesi 1–10)

Sesi 1:

  • Pengenalan Autodesk 3ds Max: Interface, Workspace, dan Tools
  • Manfaat 3D dalam Visualisasi Arsitektur

Sesi 2:

  • Pengaturan Project dan Workflow dalam 3ds Max
  • Navigasi Viewport, Units, dan Grid

Sesi 3:

  • Teknik Modeling Dasar: Primitive Objects (Box, Cylinder, Sphere, dll.)
  • Modifikasi Objek: Move, Rotate, Scale

Sesi 4:

  • Penggunaan Modifier Stack: Bend, Twist, Taper, dan lain-lain
  • Kombinasi Modifier untuk Membentuk Objek Kompleks

Sesi 5:

  • Konsep Editable Poly: Vertex, Edge, Border, Polygon, dan Element
  • Latihan Modeling: Membuat Furnitur Sederhana

Sesi 6:

  • Pengenalan Splines dan Teknik Lofting
  • Membuat Objek dengan Spline (Pintu dan Jendela)

Sesi 7:

  • Teknik Boolean dan ProBoolean untuk Operasi Objek Kompleks
  • Latihan: Membuat Model Struktur Bangunan Dasar

Sesi 8:

  • Pengenalan Material Editor: Slate Material Editor
  • Membuat dan Mengatur Material Sederhana

Sesi 9:

  • Penggunaan Kamera untuk Komposisi Visualisasi
  • Mengatur Perspektif Kamera pada Ruang Interior

Sesi 10:

  • Latihan Modeling Proyek Mini: Ruang Tamu Minimalis
  • Diskusi dan Review

Bagian 2: Intermediate Modeling dan Tekstur (Sesi 11–20)

Sesi 11:

  • Teknik Advanced Editable Poly: Extrude, Bevel, Inset, dan Bridge
  • Modeling Dinding, Atap, dan Pilar

Sesi 12:

  • Membuat Objek Modular untuk Arsitektur (Tangga, Railing, dll.)
  • Latihan: Modeling Tangga Spiral

Sesi 13:

  • Advanced Material: Refleksi, Refaksi, dan Transparansi
  • Material untuk Kaca dan Logam

Sesi 14:

  • UV Mapping Dasar: Planar, Cylindrical, dan Box Mapping
  • Pengaturan UV untuk Objek Arsitektur

Sesi 15:

  • Teknik Unwrapping UVW untuk Material Kompleks
  • Latihan: Mengatur Tekstur Pada Furnitur

Sesi 16:

  • Library Material: Menggunakan Material Bawaan dan Custom
  • Membuat Material Realistis (Kayu, Beton, Marmer)

Sesi 17:

  • Teknik Modeling Landscape Dasar: Taman dan Jalan
  • Modeling Vegetasi Menggunakan Objek Scatter

Sesi 18:

  • Pengenalan Lighting: Standard dan Photometric Lights
  • Membuat Efek Pencahayaan Alami

Sesi 19:

  • Studi Kasus: Modeling Bangunan Sederhana (Rumah Tinggal)
  • Diskusi dan Penyempurnaan Model

Sesi 20:

  • Review Hasil Modeling dan Tekstur
  • Diskusi Tantangan dan Solusi

Bagian 3: Rendering dan Visualisasi Lanjutan (Sesi 21–30)

Sesi 21:

  • Pengenalan Render Engine: Arnold, V-Ray, dan Corona
  • Dasar Pengaturan Render

Sesi 22:

  • Setting Kamera untuk Efek Fotografi: Depth of Field dan Exposure
  • Latihan: Mengatur Kamera Interior dan Eksterior

Sesi 23:

  • Teknik Lighting Lanjutan: HDRI, Global Illumination, dan Caustics
  • Pencahayaan pada Visualisasi Eksterior

Sesi 24:

  • Rendering Dasar Menggunakan V-Ray: Pengaturan Render dan Material
  • Latihan Rendering Proyek Mini

Sesi 25:

  • Render Lanjutan Menggunakan V-Ray: Efek Realistis pada Interior
  • Teknik Post-Processing Rendering

Sesi 26:

  • Studi Kasus: Rendering Ruang Interior Realistis
  • Diskusi dan Penyempurnaan

Sesi 27:

  • Membuat Animasi Kamera untuk Presentasi Proyek
  • Teknik Rendering Animasi dengan Frame-by-Frame

Sesi 28:

  • Optimisasi Rendering: Mengurangi Waktu Render dengan Pengaturan Efisien
  • Teknik Baking Texture

Sesi 29:

  • Studi Kasus: Rendering Eksterior Bangunan Komersial
  • Review dan Masukan

Sesi 30:

  • Diskusi Mendalam: Tantangan dan Solusi dalam Rendering Realistis
  • Penyempurnaan Proyek Visualisasi Akhir

Bagian 4: Finalisasi Proyek dan Presentasi (Sesi 31–40)

Sesi 31:

  • Pengenalan Post-Processing Visualisasi Menggunakan Photoshop
  • Retouching Rendering untuk Output Maksimal

Sesi 32:

  • Membuat Portfolio Visualisasi 3D Arsitektur
  • Menyusun Gambar dan Animasi Proyek

Sesi 33:

  • Studi Kasus: Proyek Visualisasi Akhir (Model Bangunan Skala Besar)
  • Tahap Awal Modeling Proyek

Sesi 34:

  • Proses Penyempurnaan Modeling dan Tekstur pada Proyek Akhir

Sesi 35:

  • Pengaturan Lighting dan Kamera pada Proyek Akhir

Sesi 36:

  • Rendering Proyek Akhir: Finalisasi Gambar Still Frame

Sesi 37:

  • Rendering Animasi untuk Presentasi Proyek Akhir

Sesi 38:

  • Post-Processing Proyek Akhir: Gambar dan Video

Sesi 39:

  • Presentasi Proyek Akhir di Depan Mentor atau Tim Evaluasi

Sesi 40:

  • Evaluasi dan Diskusi Akhir: Feedback dan Pengembangan Lanjutan
  • Penutupan dan Sertifikasi
KURSUS KOMPUTER ONLINE DIMANAPUN ANDA BERADA

About Jogja Multimedia

Check Also

Kursus Ansys

Kursus/Jasa Ansys | Analisis Dinamika Tabrakan Kendaraan Menggunakan Simulasi ANSYS LS-DYNA untuk Optimasi Desain Struktur Chassis

Berikut silabus Analisis Dinamika Tabrakan Kendaraan Menggunakan Simulasi ANSYS LS-DYNA untuk Optimasi Desain Struktur Chassis …

Kursus Ansys

Kursus/Jasa Ansys Icepak | Analisis Performa Termal dan Aliran Udara pada Sistem Pendingin Elektronik Menggunakan ANSYS Icepak

Berikut silabus “Analisis Performa Termal dan Aliran Udara pada Sistem Pendingin Elektronik Menggunakan ANSYS Icepak” …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *