Silabus “Pengembangan Game Platformer 2D dengan Fitur Multiplayer Menggunakan Game Maker Studio”
Bagian 1: Pengantar dan Dasar Game Maker Studio
Sesi 1:
- Pengenalan Game Maker Studio
- Instalasi dan pengaturan awal
- Penjelasan antarmuka (workspace, objects, sprites, rooms, dll.)
Sesi 2:
- Konsep dasar scripting di Game Maker Language (GML)
- Membuat objek dan sprites dasar
- Menambahkan event sederhana (keyboard, mouse)
Sesi 3:
- Membuat gerakan dasar karakter platformer
- Konsep gravity dan collision pada game platformer
Sesi 4:
- Membuat lingkungan dasar game (tileset, level design sederhana)
- Menambahkan animasi karakter (idle, berjalan, melompat)
Sesi 5:
- Penggunaan variabel dan logika if-else dalam GML
- Membuat power-up sederhana
Bagian 2: Mekanika Game Platformer
Sesi 6:
- Sistem checkpoint dan respawn karakter
- Konsep nyawa pemain
Sesi 7:
- Menambahkan musuh dengan perilaku dasar (bergerak, menyerang)
- Sistem deteksi tabrakan dengan musuh
Sesi 8:
- Sistem senjata untuk pemain (penyerangan dengan proyektil)
- Menambahkan efek suara untuk aksi pemain
Sesi 9:
- Membuat sistem skor dan penghitung waktu dalam game
- Menampilkan UI sederhana (HUD: Health, Score, Timer)
Sesi 10:
- Menambahkan efek partikel untuk meningkatkan visual game
- Optimasi performa dasar untuk game platformer
Bagian 3: Level Design dan Integrasi Multiplayer
Sesi 11:
- Mendesain level menggunakan room dan tileset lanjutan
- Membuat sistem pergantian level secara otomatis
Sesi 12:
- Membuat mekanik platform bergerak (lift, trampolin, dll.)
- Menambahkan elemen jebakan (spike, lava, dll.)
Sesi 13:
- Konsep multiplayer: online vs local multiplayer
- Pengantar fungsi networking di Game Maker Studio
Sesi 14:
- Implementasi koneksi server-client sederhana untuk multiplayer
- Menambahkan sistem login atau ID pemain
Sesi 15:
- Membuat karakter pemain kedua (multiplayer local)
- Menambahkan gerakan dan interaksi antar pemain
Sesi 16:
- Sinkronisasi data pemain dalam sesi multiplayer
- Sistem deteksi koneksi atau putusnya pemain
Bagian 4: Pengembangan Lanjutan
Sesi 17:
- Membuat item interaktif (koin, kunci, pintu)
- Menambahkan tantangan berbasis teka-teki dalam game
Sesi 18:
- Sistem inventaris sederhana untuk pemain
- Menambahkan fitur menyimpan dan memuat data game
Sesi 19:
- Sistem AI lanjutan untuk musuh (patroli, mengejar pemain)
- Menambahkan boss fight dengan pola serangan tertentu
Sesi 20:
- Mendesain level akhir dengan kesulitan bertingkat
- Uji coba level bersama teman dalam multiplayer
Bagian 5: Optimasi dan Visual Enhancements
Sesi 21:
- Menambahkan efek shader dasar untuk meningkatkan grafis
- Membuat background animasi (parallax scrolling)
Sesi 22:
- Optimasi performa multiplayer game
- Debugging koneksi dan interaksi antar pemain
Sesi 23:
- Mengimpor dan menggunakan musik latar dalam game
- Menambahkan efek suara untuk elemen lingkungan
Sesi 24:
- Sistem leaderboard untuk multiplayer game
- Sinkronisasi skor pemain dalam sesi multiplayer
Sesi 25:
- Menambahkan sistem chat sederhana antar pemain
- Mengoptimalkan UI untuk mode multiplayer
Bagian 6: Finalisasi Game dan Testing
Sesi 26:
- Testing fitur multiplayer bersama pemain lain
- Debugging dan perbaikan bug umum
Sesi 27:
- Menambahkan cutscene menggunakan sprite dan dialog
- Sistem penyelesaian game (game over dan ending scene)
Sesi 28:
- Finalisasi visual dan mekanik game
- Feedback dari pemain untuk iterasi akhir
Sesi 29:
- Ekspor game ke berbagai platform (PC, mobile)
- Optimasi untuk ukuran file dan performa
Sesi 30:
- Dokumentasi proyek: struktur file, deskripsi fitur
- Pengemasan game untuk publikasi
Bagian 7: Pengembangan Komunitas dan Publikasi Game
Sesi 31-35:
- Pengenalan pemasaran game indie
- Membuat trailer game untuk publikasi
- Mengunggah game ke platform distribusi (Steam, Itch.io, dll.)
- Membangun komunitas pemain dengan media sosial
- Strategi monetisasi game
Bagian 8: Review
Sesi 36-40:
- Review hasil pengembangan game
- Penyusunan laporan skripsi (pendahuluan, metode, hasil, pembahasan)
- Persiapan untuk presentasi skripsi
- Simulasi presentasi dan pembahasan pertanyaan
- Finalisasi dokumen dan laporan game